Pemdes Sukahati Manfaatkan Banprov 2020 Untuk Fisik dan Non Fisik

0
15

Citeureup, BogorUpdate.com
Bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi (Banprov) Tahun anggaran (TA) 2020 sebesar Rp.130 Juta, dimanfaatkan Pemerintah Desa Sukahati Kecamatan Citeureup yang direalisasikan dalam bentuk fisik maupun non fisik.

Diketahui, untuk realisasi fisik menganggarkan Rp.88.750.000,- pada pembangunan Tebing Penahan Tanah (TPT) berada di Kampung Jamakir RT 01 RW 05 dengan volume P 80 Meter × L 0,45 Meter x T 2,2 Meter.

Sedangkan non fisik pada Revitalisasi di 11 Posyandu menganggarkan Rp.20. 250.000,-, belanja pulsa sapa warga Rp.6 Juta dan Tambahan Penghasilsan Aparatur Desa (TPAD) Rp.15 Juta.

“Tujuan pembangunan TPT itu agar tidak menimbulkan banjir terhadap pemukiman warga setempat, yang sebelumnya dikeluhkan,” kata Kades Sukahati, H.Endang Gunawan, kepada bogorupdate.com, Jumat (13/11/2020).

Menurutnya, pembangunan TPT sepanjang 80 meter itu di bangun dekat pemukiman warga yang sebelumnya kerap mengalami banjir. Masyarakatpun melaporkan hal ini kepada pemerintah desa setempat.

“Sebelum membangun TPT, Pemdes Sukahati telah melalui proses Musrenbangdes sesuai ajuan warga guna merumuskan rencana pembangunan yang dilaksanakan,” katanya.

Sekertaris Desa Sukahati, Antoni menjelaskan pada waktu itu, kegiatan Musrenbangdes antara lain menampung aspirasi masyarakat yang menginginkan pembangunan TPT tersebut.

“Setelah melalui proses penganggaran, akhirnya pada tahun anggaran 2020, pembangunan TPT sepanjang 80 Meter yang dibangunan kanan dan kiri dekat pemumikan warga,” kata Antoni.

Untuk pengawasan pekerjaan di lapangan dalam membangun TPT di Jalan Kampung Jamakir itu, dikawal langsung oleh pemdes bersama Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) desa.

“Kita ambil tenaga teknis atau tenaga tukang bangunan berasal dari warga setempat,” terangnya.

Dengan adanya pembangunan tersebut diharapkan mampu menahan tanah longsor, banjir dan dapat memperkokoh pondasi jalan.

“Semoga hasilnya bermanfaat bagi masyarakat Desa Sukahati,” tutupnya.

 

 

 

 

 

 

(cek/bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here