Pemdes Sukahati Lounching Program Samisade Tahap 1, Ini Realisasinya

0
40

Citeureup, BogorUpdate.com
Pemerintah Desa (Pemdes) Sukahati Kecamatan Citeureup, mulai merealisasikan program pembangunan Infrastruktur jalan desa dan jembatan dengan hotimix dan rabat beton. Giat ini menggunakan bantuan dana infrastruktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahap 1 sebesar 40 persen yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Sukahati, Endang Gunawan mengatakan melalui program Samisade Tahap 1 ini, pihaknya merealisasikan keinginan warga untuk betonasi jalan desa dan jembatan yang berada di 3 titik yakni Kampung Lengo RW 01, Kampung Rancamanyar RW 08 dan Kampung Malimping RW 06 dengan anggaran keseluruhan sebesar Rp.400.000.000,-.

“Betul hari ini mulai realisasi jalan desa dan jembatan. Pembukannya dilakukan dengan lounching pembangunan program Samisade,” kata Endang yang juga didampingi Perangkat Desa, Camat Citeureup, Kasie Ekbang Kecamatan Citeureup, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, LPM RT RW dan Linmas, Kamis (22/07/21).

Endang menjelaskan, jika untuk volume jalan desa dengan Hotmix di lokasi jalan Sarinembah RT 03/08 Kampung Rqncamanyar dengan volume Panjang 762 Meter x Lebar 3 meter x Tinggi 0.05 centi meter. Sedangkan pembangunan betonisasi berada di jalan Kampung Malingping RT 03 RW 06 dengan volume Panjang 168 meter x Lebar 2.5 meter x Tinggi 0.15 centi meter.

Sementara itu, untuk realisasi jembatan berada di Kampung Lengo RW 06, volume Panjang 8 Meter x Tinggi 5 meter x Tinggi 3 centi meter. Realisasinya dilakukan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) desa dan masyarakat dengan waktu 14 hari kerja.

“Adanya pembanguan jalan desa dan jembatan ini, ditujukan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan sebagai prioritas akses jalan utama warga desa kami,” jelasnya.

Senada dikatakan Sekdes Sukahati, Antoni menjelaskan program samisade pada tahap 1 ini sudah mulai direalisasikan. Pelaksanaan pengerjaannya dengan cara swakelola oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), tenaga ahli dan masyarakat memakan waktu 14 hari kerja.

“Harapan saya sangat besar dengan adanya pembangunan ini, warga saya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat terutama di bidang perekonomian sehingga dapat menunjang kesehatan dan pendidikan di wilayah sekitar,” terangnya.

Tokoh Masyarakat setempat, H.Mukhlis (40) mengaku mendukung langkah pemerintah dalam mensejahterakan warganya terutama dibidang infrastruktur.

“Ini sangat membantu, dengan akses jalan yang bagus tentunya tidak menghambat aktivitas warga,” pungkasnya.

Alimudin (40) warga Kampung Lengo, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bogor dan khususnya kepada Pemerintah Desa Sukahati, atas terlaksananya pembangunan jalan desa dan jembatan di wilayah desanya.

“Alhamdulillah saya merasa bangga, karena jalan ini sekarang akhirnya dapat dibangun. Sudah lama warga menginginkan jalan dan jembatan ini diperbaiki. Semoga ini bisa bermanfaat untuk semua,” tutupnya.

 

 

 

 

 

(Asep Bucek/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here