Pemdes Bojong Gede Target 12 Ribu Jiwa Tervaksin di Bulan September

  • Bagikan

Foto pelaksanaan Vaksinasi massal di Desa Bojong Gede, Kecamatan Bojong Gede

Bojong Gede, BogorUpdate.com
Pemerintah Desa (Pemdes) Bojong Gede kembali memperoleh jatah vaksin 900 jiwa dari Pemkab Bogor melalui Puskesmas Bojong Gede selama bulan September 2021, terhitung sejak tanggal 1, 15 dan 29 September 2021 yang diselenggarakan di aula kantor desa tersebut.

Namun karena padatnya penduduk desa Bojong Gede yang berjumlah 45.000 jiwa, dimana pada September ini antusias masyakarakat yang daftar ingin mengikuti vaksin melalui desa sebanyak 12.000 jiwa di bulan September tersebut setelah di buka pendaftaran selama 5 hari.

Kades Bojong Gede, Dede Malvina mengaku, pihaknya menginisiasi membantu program pemerintah dan mengkolaborasikan keinginan masyakat untuk di vaksin, dengan gerakan gotong royong dan swadaya masyakat dengan bekerjasama pihak Polda Metro Jaya melalui Polsek Bojong Gede dan koramil 04 Bojong Gede untuk pengadaan vaksin.

“Dengan banyaknya masyarakat daftar siap di vaksin dengan jumlah 12.000 orang maka saya harus lakukan kerja sama dengan semua pihak, terutama yang siap mengadakan vaksinnya. Alhamdulillah pak Kapolsek Bojong Gede punya program vaksin merdeka dan koramil juga ada program, kita bisa mendapatkan vaksin sinovac 500 dosis perhari, tetapi banyak kendala yang kami dapatkan yaitu ketika vaksin sudah dapat yang sulit adalah nakes dan tenaga relawan untuk ITE,” kata Dede kepada Bogorupdate.com, Kamis (09/9/2021).

Menurutnya, atas persolan itu maka perlu kerjanya lembaga yang ada di desa baik kader Posyandu, Ketua RT dan RW serta karang taruna tingkat desa, yang tersulit adalah Nakes nya, bagaimana pun jumlah nakes di desa Bojong Gede tidak sebanyak dengan jumlah perangkat desa, makanya perlu menggali dari luar desa, dan karena giatnya setiap hari maka perlu nakes lebih banyak lagi.

“Sambutan RT dan RW serta tokoh dan masyarakat sangat antusias terhadap program ini, mereka seluruhnya siap melaksanakan vaksin di tingkat RW. Yang penting vaksinnya ada, urusan nakes dan relawan lainnya kita cari bareng-bareng,” tuturnya.

Dede melanjutkan, terbukti dengan kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini sudah 2000 jiwa masyakat yang di vaksin tersebar di 4 wilayah Rukun Warga.

Masyarakat juga, tambahnya, antusias untuk mengikutinya dengan lokasi gerai vaksin semakin dekat kepada masyarakat serta banyaknya minat untuk di vaksin. Masyarakat pun, sudah tidak termakan hoax berita tentang haram halalnya vaksin, mereka mau sehat dan membantu program pemerintah secara nasional.

Adapun, terkait kegiatan anggaran yang di keluarkan pemdes Bojong Gede bersumber atas kerja sama dengan semua lapisan masyarakat, dalam pengadaan tempat, konsumsi serta lain lainnya, dimana desa hanya menganggarkan untuk pengadaan gerai tenda, meja dan alkes, lain-lainnya semua pihak gotong royong.

“Intinya bulan ini Puskesmas Bojong Gede melakukan vaksinasi di desa Bojong Gede sebanyak 900 dosis vaksin jenis Pfizer yang di laksanakan langsung oleh pihak puskesmas di aula kantor desa Bojong Gede selama 3 gelombang dalam satu bulannya. Polsek Bojong Gede juga memberikan vaksin sebanyak 8000 dosis vaksin sinovac yang dilaksanakan secara on the road ke kampung-kampung yang tersebar di 16 RW. Ada juga, Koramil 3000 dosis untuk pelajar vaksin sinovak yang dilakukan dari sekolah kesekolahan,” imbuhnya.

“Tenaga relawan yang terekrut pun ada sebanyak 70 orang untuk ITE dan 15 tenaga Nakes dari swasta. Semoga pandemi berakhir dan masyakat kembali pulih dan tetap sehat khususnya di wilayah Desa Bojong Gede maupun seluruh warga di Bumi Tegar Beriman,” pungkasnya.

Penulis: SahrulEditor: Sahrul
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.