Pembangunan Rumdin PN Cibinong Diduga Bodong?

0
143

Cibinong, BogorUpdate.com
Pembangunan rumah dinas (Rumdin) Pengadilan Negeri (PN) Cibinong Kelas IA, yang terletak di jalan Sirojul Munir RT 08 RW 09 Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, diduga tak berijin alias Bodong.

Pasalnya, hasil penelurusan dilokasi jika lahan tanah yang berstatus lahan milik negara dengan luas tanah tak lebih dari 2500 meter persegi itu dikabarkan akan dibangun 10 unit rumah jenis cluster.

Menurut salah satu warga RT 08 RW 09 Kelurahan Pakansari, Basuki menuturkan jika pembangunan Rumdin PN Cibinong membuat resah dirinya dan warga lainnya, lantaran akses rumahnya menuju ke jalan utama Sirojul Munir menjadi tertutup akibat pengerjaan pembangunan rumdin tersebut.

“Warga disini sangat resah dan keberatan dengan adanya pembangunan Rumdin PN Cibinong ini, karena lokasi pembangunannya menutup akses jalan warga ke jalan utama Sirojul Munir,” ujar Basuki kepada wartawan, Kamis (22/7/21).

Ia melanjutkan, keinginan warga khususnya di RT 08 RW 09 Kelurahan Pakansari agar proyek pengerjaan pembangunan Rumdin itu dapat segera dihentikan oleh instansi terkait dari Pemkab Bogor lantaran belum mengantongi ijin apapun dari warga setempat.

“Kalau dari warga hanya menginginkan agar pembangunannya dihentikan, karena warga belum menyetujui ijin apapun untuk ijin lingkungannya sekali pun dalam pembangunan rumdin PN Cibinong tersebut,” jelasnya.

Sementara, Dodi selaku pimpinan PT. GIE Putra Berdikari selaku kontraktor pengerja mengaku, bahwa sejauh ini belum pernah melihat IMB dalam proyek yang tengah dikerjakannya itu.

“Tapi itu bukan urusan saya, tugas saya saya hanya mengerjakan pembangunan saja. Lantaran, pihak kami telah mendapat surat perintah kerja untuk mengerjakan proyek pembangunan rumdin ini, kalau sudah ada surat seperti itu ya saya kerjakan. Intinya saya hanya kerja saja sesuai instruksi,” aku Dodi.

Terpisah, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor, Asep Hermawan menerangkan, untuk perijinan pembangunan Rumdin PN Cibinong yang berlokasi di belakang kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 0621/Kabupaten Bogor sampai saat ini belum mendaftarkan perijinan apapun ke DPMPTSP.

“Belum, belum ada pengajuan ijinnya ke kami untuk soal ijin IMB dalam proyek pembangunan Rumdin PN Cibinong itu,” katanya.

Namun ketika disinggung, apakah pembangunan diatas lahan milik negara mesti mengantongi IMB atau tidak, Asep menjawab.

“Ya harus ada IMB nya meskipun pembangunannya diatas tanah milik negara sekalipun,” tegasnya.

Sementara itu, Hubungan Masyarakat, PN Cibinong Kelas IA, Amran S Parman menampik, bila pembangunan Rumdin PN Cibinong untuk perijinannya telah ditempuh sesuai aturan yang berlaku.

“Sudah ada ijin-ijinnya, sudah selesai semuanya. Dan perijinannya pun sudah kami tempuh sesuai aturan yang berlaku,” kilahnya.

 

 

 

 

 

 

(Rul/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here