Patuhi Prokes, Penyaluran BLT-DD Desa Sukahati Dilakukan di Lapangan Terbuka

  • Bagikan

Citeureup, BogorUpdate.com
Guna menghindari kerumunan sesuai dengan arahan protokol kesehatan (Prokes) di tengah Pandemi Covid-19 sebagai anjuran pemerintah pusat, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahap 4, 5 dan 6 di Desa Sukahati Kecamatan Citeureup, dilakukan di lapangan terbuka.

Kepala Desa Sukahati, H. Endang Gunawan menjelaskan, sebanyak 72 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), kembali menerima dana yang dialokasikan sebagai bantuan dari dampak pandemi Covid-19.

“Ada 72 KPM yang saat ini mendapat BLT DD tahap 4, 5 dan 6. Mereka berasal dari 24 RT di 7 RW yang ada di wilayah desa. Setiap KPM menerima BLT sebesar 300 ribu rupiah setiap bulannya,” katanya kepada bogorupdate.com, Sabtu (28/08/21).

Dalam penyaluran saat ini, pihak Desa Sukahati melakukan sistem rapel yang diberikan sekaligus Tiga bulan kepada para KPM, sesuai kebijakan menteri desa.

“Jadi setiap KPM bisa menerima Rp 900 Ribu untuk Bulan April-Mei-Juni,” tukasnya.

Di tempat sama, Sekdes Sukahati, Antoni menjelaskan, penyaluran BLT-DD dilakukan di lapangan Sekolah yang lokasinya berhadapan dengan kantor desa. Hal ini, dilakukan guna menghindari kerumunan pada saat pelaksanaan.

“Warga yang ingin mengambil bantuan ini, terbagi sesuai jadwal dan wilayah RT RW nya. Jadi, semuanya bisa tertib dan tidak berkerumun,” terang Antoni.

Menurut Antoni, Para KPM yang mendapat BLT-DD hari ini, sebelumnya telah melalui verifikasi data diri dan kondisi nya berdasarkan dari usulan pengurus lingkungan RT dan RW yang diajukan ke pihak desa.

“Semoga warga yang mendapat BLT-DD ini, bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan. Jadi jangan dipake hura-hura, tentunya dipergunakan sebagaimana mestinya, seperti membeli sembako untuk kebutuhan sehari-hari,” tutupnya.

Kokom (40) warga RT 01 RW 03 Kampung Sangkali, mengaku berterimakasih atas bantuan yang sudah didapatnya.

“Alhamdulillah, dengaan bantuan ini, tentunya bisa mengurangi beban ekonomi saya di tengah wabah corona saat ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Mendes PDTT mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan telah melakukan berbagai relaksasi untuk mempermudah dan mempercepat proses penyaluran BLT Dana Desa. Menurutnya, relaksasi tersebut memungkinkan BLT Dana Desa diberikan secara rapel. Sehingga penyaluran bisa langsung sekaligus Tiga bulan.

 

 

 

 

(cek/bing)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.