Nieno LPLHI: Tumpukan Ban Bekas di Bojong Nangka Berpotensi Jadi Sarang Penyakit

0
410

Gunung Putri, BogorUpdate.com
Tumpukan ban bekas disepanjang jalan Raya Bojong Nangka, Kecamatan Gunung putri Kabupaten Bogor menjadi sesuatu yang kurang sedap dipandang mata dan berpotensi menjadi sarang penyakit.

Ironisnya, ternyata tumpukan ban bekas tersebut sudah lama yaitu sekitar 5 Tahun disimpan di tepian Jalan Raya Bojong Nangka tersebut.

Endang, salah satu tokoh masyarakat sekitar menyebutkan jika tumpukan ban tersebut milik seseorang yang merupakan tokoh masyarakat di Desa Bojong Nangka.

“Tanah di lokasi tersebut bukan saya pemiliknya. Saya juga kurang tau jelasnya seperti apa sehingga ban-ban bekas tersebut disimpan disana,” ungkap Endang, Senin (7/12/20).

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI), Alnieno angkat bicara. Menurutnya tumpukan ban itu berpotensi menimbulkan penyakit.

“Sangat disayangkan tumpukan ban tersebut berada di sisi jalan Bojong Nangka yang sudah pasti menjadi sarang nyamuk atau hewan lainnya yang berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit dan sudah pasti merusak lingkungan,” tegas Alnieno.

Nieno menyarankan bagi masyarakat maupun pengusaha agar mengerti jenis-jenis limbah yang bisa membahayakan. “Penting untuk memahami jenis-jenis limbah. Hal ini dikarenakan dalam melakukan penanganan terhadap limbah, penting untuk mengetahui bahwa ada jenis-jenis limbah yang ternyata sangat mengancam lingkungan dan kesehatan manusia,” terangnya.

“Sehingga secara langsung maupun tidak langsung penanganan limbah jika tedak tepat dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia serta organisme lainnya,” pungkas Nieno mengakhiri.

 

 

 

 

 

 

(Ram/Endi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here