Menkop UKM Tawarin IPB University Jadi Partner Ciptakan Entrepreneur Berbasis Teknologi

0
41

Ekobis, BogorUpdate.com
Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (DitmawaPK) IPB University menggelar Studium Generale Program Kewirausahaan, Selasa (13/7/21). Kegiatan tersebut mengusung tema “Menumbuhkan Mindset Wirausaha yang Kreatif, Inovatif, dan Mandiri Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam kesempatan itu, Rektor IPB University Prof Arif Satria menuturkan bahwa IPB University memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi yang mampu memanfaatkan inovasi usaha maupun kepentingan pengembangan masyarakat.

“Apa yang sekarang kita dorong adalah bagaimana lulusan IPB University ini memiliki karakter sebagai technopreneur dan sociopreneur,” kata Prof Arif Satria.

Pada kegiatan tersebut hadir juga Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki. Teten memperkirakan pada tahun 2024 generasi milenial di Indonesia akan mendominasi, bahkan pada tahun itu juga visi Indonesia akan disatukan dengan anak muda.

“Anak-anak muda menjadi pencipta lapangan kerja. Inilah yang menjadi konsen kami bagaimana membuat ekosistem anak-anak muda ini menjadi pelaku-pelaku usaha yang lebih modern,” kata Teten Masduki.

Setelah ia menjadi Menkop UKM, Teten Masduki menyadari bahwa UKM saat ini tingkat produktivitasnya masih rendah. Hal itu disebabkan karena Sumberdaya manusia (SDM) dan penerapan teknologi bisnis yang rendah.

“Saat ini meskipun kita di tengah pandemi, indikasi pertumbuhan ekonomi mulai membaik. Kita terus berusaha menurunkan angka pengangguran ini,” terangnya.

Ia juga menuturkan, pasca penerapan PPKM Darurat ini Kemenkop UKM sedang mengantisipasi hal-hal buruk yang kemungkinan akan terjadi.

“UKM menjadi tulang punggung perekonomian, terutama saat pandemi ini. Kita harus menjaga sprit semua pihak, spirit untuk terus bertahan (survive) terhadap pandemi. Kemudian dari fase survival menjadi fase transformasi,” kata Teten.

Kemudian Teten Masduki menawarkan IPB University untuk menjadi partner pemerintah dalam melahirkan entrepreneur yang berbasis pada pengembangan teknologi dan menjadi bagian yang berkontribusi.

“Saya kira IPB University juga memiliki kekuatan di bidang pertanian dan pangan. Ini juga sektor unggulan kita. Kemudian sektor kelautan, saya kira bisa menjadi salah satu keunggulan domestik. Saat ini banyak negara yang sedang mencari keunggulan domestiknya. Pengolahan kelapa sawit dan lainnya saya kira bisa dikembangkan. Untuk itu, penting bagi anak muda untuk mulai turun ke pertanian dan pangan,” tambahnya.

Teten Masduki berharap Kemenkop UKM dan IPB University dapat bersinergi melahirkan wirausaha dari mahasiswa yang dapat merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan bisnis. Kementerian Koperasi dan UKM bersama IPB University berkomitmen untuk mengadakan pitching mahasiswa binaan dengan investor bersama.

 

 

 

 

 

(ipb/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here