Mantap! IPB University Menangkan 3 Program Kompetisi MBKM dari Ditjen Dikti, Apa Saja?

0
57

Pendidikan, BogorUpdata.com
IPB University berhasil mendapatkan tiga skema program kompetisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2021. Tiga skema program tersebut adalah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM), Program Center of Excellence Merdeka Belajar Kampus Merdeka (CoE-MBKM) dan Program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KSKI-MBKM).

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan bahwa capaian ini merupakan hasil respon cepat dari tawaran program hibah kompetisi tahun 2021 Ditjen Dikti yang bertujuan untuk mendorong ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan implementasi MBKM. Menurutnya, dari ketiga skema program hibah kompetisi MBKM Dikti tersebut, IPB University berhasil memperoleh total bantuan dana sebesar Rp 12.671.087.000 (dua belas milyar enam ratus tujuh puluh satu juta delapan puluh tujuh ribu rupiah).

Adapun Program Hibah Kompetisi MBKM Dikti yang dimenangkan IPB University adalah Program Kompetisi-Kampus Merdeka (PK-KM) yang diikuti oleh tiga Program Studi (PS) yaitu PS Teknologi Pangan, PS Kimia dan PS Teknologi Hasil Hutan, ditambah dengan Institutional Supporting System (ISS). Total dana hibah PK-KM yang diberikan sebesar Rp 11.866.278.000 (Sebelas milyar delapan ratus enam puluh enam juta dua ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah). Kedua, Program Center of Excellence Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (CoE-MBKM), skema yang diikuti oleh PS Agronomi dan Hortikultura dan PS Bisnis, dengan total dana untuk CoE-MBKM sebesar Rp 350.000.000 (Tiga ratus lima puluh juta rupiah). Dan terakhir Program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KSKI-MBKM) yang diikuti tujuh PS yaitu: PS Arsitektur Lanskap, PS Manajemen Sumberdaya Lahan, PS Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap, PS Teknologi Hasil Perikanan, PS Silvikultur, PS Biologi, PS Manajemen. Total dana KSKI-MBKM sebesar Rp 454.809.000 (Empat ratus lima puluh empat juta delapan ratus sembilan ribu rupiah).

“Program hibah kompetisi MBKM IPB University dikonstruksi menggunakan pendekatan future practice dengan pola pikir berjarak pandang (growth mindset), kreatif inovatif, sekaligus mendorong pencapaian implementasi MBKM. Yaitu memberi ruang bagi perguruan tinggi agar dapat terus cepat melaju dengan dinamis mengikuti pola kemajuan zaman, sehingga tercapai kualitas pembelajaran dan lulusan yang baik yang dapat menjadi tolok ukur kemajuan bangsa,” ujarnya.

Rektor menekankan bahwa peluncuran Program Kompetisi MBKM Dikti sangat tepat momentumnya. Persetujuan yang diberikan Dikti terhadap proposal-proposal hibah kompetisi yang diusulkan IPB University akan memberi peluang bagi IPB University untuk melakukan lompatan-lompatan inovasi pendidikan sehingga bisa lebih bersaing di kancah dunia.

“Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemdikbudristek kami tangkap sebagai peluang besar memajukan pembelajaran di IPB University sesuai dengan Renstra IPB 2019-2023 bertema ‘Race in Excellence to Shape IPB Future’ untuk menghasilkan pembelajar unggul dan lincah (powerfull agile learner) melalui Education for Tomorrow People Generation,” imbuhnya.

Menurutnya, Pendidikan IPB 4.0 dengan Kurikulum 2020 (K2020) multistrata merupakan salah satu wujud inovasi pendidikan dan inovasi pembelajaran multiaktivitas-multikanal dengan mentransformasi paradigma belajar lama (dikungkung matakuliah), memberi ruang pilihan-pilihan menu belajar (flexibility and personalized learning) dan peluang mahasiswa merancang suksesnya sendiri melalui immersive learning.

“K2020 Multistrata Integrasi MBKM menggabungkan Skills Set abad 21 yang mencakup 4Cs (complex problem solving, creative, communicative, collaborative), hard skill, character qualities, wawasan kebangsaan, sesuai capaian pembelajaran,” tandasnya.

Rektor juga menjelaskan bahwa implementasi kegiatan MBKM ini akan dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan (WRPK). Dan dalam hal ini Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan (DitPPTP) mengawal secara teknis kegiatan MBKM di program studi dan di tingkat institusi serta bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaaan Mahasiswa Baru, Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital dan departemen-departemen terkait. (bu/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here