Mahasiswa Polbangtan Bogor Borong Medali Pada Fokri Games VII 2021

0
31

Pendidikan, BogorUpdate.com
Sebagai upaya membentuk karakter positif, Kementerian Pertanian melalui salah satu UPT Pendidikan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi salah satunya adalah Fokri Games VII 2021. Terbukti mahasiswa Polbangtan Bogor berhasil menyabet 4 medali dan 1 juara favorit pada ajang yang dilaksanakan secara virtual oleh PTDI-STTD dari tanggal 09 April-30 Mei 2021.

Fokri Games sendiri adalah agenda besar tahunan untuk mahasiswa/i muslim kedinasan di seluruh Indonesia yang terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti lomba, festival, webinar , dan tabligh akbar.

Hal ini juga membuktikan bahwa teori yang selama ini mendominasi pendidikan harus didukung kegiatan praktik yang sinergi. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan ada empat jurus jitu yang harus ditekankan dalam pendidikan vokasi, yakni karakter, pendidikan vokasi harus menciptakan generasi milenial yang memiliki karakter seorang petarung, tidak mudah menyerah, dan memiliki jiwa yang tangguh.

“Selain karakter, pendidikan vokasi juga harus melahirkan generasi milenial memiliki kompetensi, memiliki sifat kritis serta kreatif”, ujar Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi juga menuturkan bahwa pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda. “Mendukung upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia,” tegasnya.

Ketua kontingen LDK Polbangtan Bogor, Noprian Saputra, menjelaskan tim yang diturunkan mengikuti ajang ini sebanyak 30 atlet-atlet terbaik dan 10 orang pengurus delegasi yang terdiri dari Ketua Delegasi, Sekretaris, Bendahara, Official Tim serta Tim Seleksi LDK Pusat.

“Kami mengikuti 10 cabang lomba diantaranya, Adzan, Dai, Fotografi, Kaligrafi, KTI Islam, MTQ, Nasyid, Poster, Short Movie, dan Storytelling.” jelas Noprian.

Ia menambahkan tahun ini pihaknya mampu mempersembahkan medali emas lomba MTQ Ikhwan atas nama Lukmanul Hakim (Tingkat II Prodi Penyuluh Peternakan dan Kesejahteraan Hewan /PPKH), medali perak lomba Story Telling Ikhwan atas nama Agung Junazil Rukmana (Tingkat II Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan/PPB), medali perak lomba Nasyid Akhwat yang diwakili team Ameera atas nama Arini Husna Rohmatika, Aulia Khira Cahya, Fadhillah Febyanti, Dede Rahmawati, Asy’syaffa Muhajiroh (Tingkat III Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan/PPB) serta Mia Utami (Tingkat III Prodi Agribisnis dan Holtikultura/AGH).

“Tak hanya itu Aulia Khira C (Tingkat III Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan/PPB) meraih medali perunggu lomba MTQ Akhwat serta Juara Favorit lomba Desain Poster Ikhwan atas nama Ahmad Zuhri (Tingkat IV Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan/PPB)”, terang Noprian. (bu/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here