Mahasiswa IPB University Kembangkan Rumah Kompos di Desa Neglasari

  • Bagikan

Dramaga, BogorUpdate.com
Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak (Himaproter) IPB University kembangkan rumah kompos di Desa Neglasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Pengembangan rumah kompos ini merupakan bagian dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PH2D). Program ini mendapat sumber dana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Ketua Tim, Rani mengatakan, masyarakat di Desa Neglasari banyak yang beternak domba dan kotorannya belum dimanfaatkan dengan baik. Ia mengatakan, hal ini disebabkan karena tidak ada fasilitas tempat pengolahan limbah yang memadai.

Oleh karena itu, kata Rani, membuat rumah kompos di salah satu rumah warga di Desa Neglasari. Pembuatan rumah kompos ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran ternak.

“Dengan demikian, hasil produk dari pengomposan ini dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman baik di green house maupun di kebun warga desa. sebagian dari hasil produk pengoposan ini juga dapat dijual untuk menambah pemasukan,” kata Rani mahasiswa IPB University dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, juga melakukan pengenalan sampah organik dan anorganik kepada masyarakat desa. Tidak hanya itu, masyarakat juga dikenalkan tentang alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan pupuk kompos serta teknik pembuatan pupuk kompos.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.