Kunjungi KRL Cinta dan Cantik Desa Ciangsana, DLH Serta Fathoni Dewan Beri Apresiasi

  • Bagikan

Gunung Putri, BogorUpdate.com
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor didampingi Pemerintah Kecamatan Gunung Putri Monitoring dan Evaluasi ke Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Desa Ciangsana Cinta RW 21 dan KRL Cantik RW 20 Desa Ciangsana kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, untuk Verifikasi Lapangan, Bogor Kabupatenku Green and Clean Tahun 2021, Kamis (9/9/21).

Tim Penilai dari Kabupaten Bogor Bersama Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Aditia, Achmad Fathoni Anggota DPRD Kabupaten Bogor dan Udin Saputra Kepala Desa Ciangsana melakukan peninjauan langsung ke lokasi kampung ramah lingkungan wilayah desa Ciangsana yang berlokasi di Komplek Perumahan Angkatan Laut tepatnya RW 21 dan RW 20.

Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra mengatakan, sangat apresiasi dan mendukung kegiatan dimana kegiatan seperti adalah salah satu program desa yang banyak sekali manfaatnya dari sisi kebersihan, ekonomi, mandiri, kreatif dan ramah lingkungan

“Melalui kegiatan ini pemerintah desa berharap masyarakat khususnya RW yang lainnya yang belum mengikuti Program KRL atau Padat Karya Tunai (PKT) juga ikut berperan dalam mendukung terciptanya Desa yang ramah lingkungan, bersih, indah dan menawan menuju desa Bersih, Sejuk, Makmur dan Mandiri,” ujarnya.

Udin sapaan akrabnya itu mengatakan, Padat Karya Tunai (PKT) merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya untuk warga yang bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Dengan adanya KRL Di RW 21 dan RW 20 ini setidaknya bisa mengedukasi dan memotivasi warga serta RW lainnya agar bisa mengikuti hal ini guna tercipta warga yang kreatif inovatif mandiri serta bisa meningkatan perekonomian masyarakat baik keluarganya maupun kelompok,” tukasnya.

Sementara Kepala Seksie (Kasie) Dinas Lingkungan Hidup yang juga Ketua Tim Penilai Kampung Ramah Lingkungan, Surya Sumini mengatakan, dari bulan ke bulan antusiasme masyarakat Ciangsana terhadap program KRL yang digagas Dinas Lingkungan Hidup terus meningkat.

“Selama tiga bulan ini kami monitoring KRL di Desa Ciangsana. Banyak perkembangannya. Kegiatan dan kreatifitas serta bercocok tanamnya cukup signifikan melesatnya,” ungkapnya.

“Program Kampung Ramah Lingkungan dari bulan ke bulan mendapat respon dan sambutan yang baik dari masyarakat, terbukti setiap tim verifikasi yang berkunjung ke wilayah yang menjadi KRL selalu ramai, masyarakat sudah banyak yang paham pentingnya kebersihan, keindahan, kreatifitas dan kemandirian dalam memanfaatkan objek dilingkungan,” papar Surya.

“Semoga kedepan KRL yang saat ini sudah ada trus bisa dipertahankan dan dijaga sehingga bisa memotivasi masyarakat atau lingkungan lainnya untuk bisa menciptakan KRL KRL yang baru dan yang lebih baik,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua KRL Cinta, Enny Musfiroh Setiarini menyampaikan bahwa tujuan Kampung Ramah Lingkungan adalah untuk masyarakat lingkungan di segala bidang, baik dunia usaha serta untuk memahami permasalahan lingkungan dan dampaknya, melakukan tindakan nyata secara proaktif yang berkontribusi kepada upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Adapun kegiatan yang sudah kami lakukan saat ini mencakup pada pengendalian banjir melalui pengelolaan sampah dan dan bercocok tanam serta upaya peningkatan ekonomi dengan kreatif membuat sovenir dari barang bekas serta berbudidaya ikan,” terang Enny.

“Penyediaan bank sampah dan kreasi sampah daur ulang, menanam tanaman vertikultur dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai salah satu edukasi lingkungan bagi warga masyarakat,” tuturnya.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS, Achmad Fathoni juga menyampaikan apresiasi dan dukungannya.

“Saya turun langsung ke Kampung Ramah lingkungan ini, guna mendorong pemerintah agar lebih fokus juga dalam program ini,” singkatnya.

Penulis: AjisEditor: Bing
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.