KRL Raber Desa Sukahati Dapat Kunjungan DLH Kabupaten Bogor

0
148

Citeureup, BogorUpdate.com
Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Rancamanyar Bersinar (Raber) di RW 08 Desa Sukahati Kecamatan Citeureup, kembali mendapat kunjungan. Untuk kali ini kunjungan dilakukan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

“Kunjungan dari DLH ini merupakan bagian dari pengecekan evektifitas pada kegiatan KRL yang ada di Desa Sukahati,” papar Virgo selaku perwakilan dari DLH Kabupaten Bogor, kepada sambutannya, Senin (13/07/2020).

Virgo menambahkan, Jenis pengecekan KRL ini diantaranya tentang pengelolaan penghijauan, penataan lingkungan dan penerapan bank sampah.

“Kami menilai KRL Raber Desa Sukahati tingkat Pratama ini berkelanjutan dan
harapannya bisa merubah mainset warga dalam mengelola lingkungannya terutama sampah dan peningkatan pada ekonominya serta program KRL ini bisa terus berjalan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Sekdes Sukahati, Antoni menuturkan, bahwa KRL ini bisa memicu untuk bisa mengurangi permasalahan sampah dengan adanya bank sampah di setiap RT RW.

“Desa Sukahati sudah ada 4 KRL yang ada di Empat RW, diantara KRL Rancamanyar Bersinar RW 08, KRL Magerlingsih RW 02, KRL Sauyunan RW 03, KRL Sindara RW 07. Kami targetkan setiap RW mempunyai KRL agar terciptanya desa yang bersih dan ramah lingkungan, sesuai dengan program Bupati Bogor “Panca Karsa” Bogor Bersih,” jelasnya.

Antoni menegaskan, kedepannya dari adanya KRL Raber tingkat pratama ini bisa menjadi Madya. “Jadi, ada progres dari kunjungan ini dan bisa semangat lagi buat KRL yang ada di Desa Sukahati,” paparnya.

Antoni juga menambahkan, dalam kegiatan ini masyarakat sangat antusias, pihaknya hanya memfasilitasi sehingga masyarakat lebih banyak berperan. Masyarakat memiliki keinginan dan berupaya untuk merubah lingkungannya kearah yang lebih baik, sehingga menjadi lingkungan bersih dan sehat.

“Dengan adanya KRL ini bisa memacu masyarakat di RW lainnya agar nantinya bisa muncul KRL-KRL baru. Tidak hanya karena ada award, tapi sudah menjadi bagian dari masyarakat untuk merubah pola hidup disetiap lingkungannya dengan menjadikan kampung yang bersih dan ramah lingkungan secara berkelanjutan,” jelas Antoni.

Sementara itu, Ketua KRL Raber, Bambang mengatakan, Program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang dikelolanya banyak membawa manfaat bagi lingkungan sekitar. Selain itu juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan, salah satunya pemanfaatan lahan tidur untuk budidaya sayur maupun buah-buahan.

“Alhamdulillah, dengan adanya program ini sangat berdampak baik terhadap perekonomian rumah tangga serta bisa membantu mengurangi sampah pada program DLH menuju lingkungan sehat dan bersih,” jelasnya.

Untuk diketahui, program KRL ini merupakan implementasi pengelolaan lingkungan pemukiman di Kabupaten Bogor menuju lingkungan yang sehat melalui penanaman budaya ramah lingkungan dengan melibatkan peran serta seluruh stakeholder pembangunan.

Dalam hal pengelolaan sampah, pengelolaan air dan sanitasi, maupun pelaksanaan konservasi, penghijauan dan penataan lingkungan dengan mengembangkan berbagai inisiatif yang potensial menciptakan kampung ramah lingkungan, dan kawasan usaha yang berbudaya lingkungan.

Seperti KRL Desa Sukahati merupakan KRL tingkat pratama yang sebelumnya mewakili tingkat Kecamatan Citeureup, setelah KRL tingkat Jawara di Cibinong, dan Desa Puspasari untuk tingkat Madya.

KRL Rancamanyar Bersinar Desa Sukahati ini, sebelumnya juga kerap mendapatkan kunjungan dari berbagai pihak termasuk Tim Verifikasi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Award Kabupatenku Green and Clean Kabupaten bogor. KRL Desa Sukahati merupakan KRL tingkat pratama, setelah KRL tingkat Zero waste di Cibinong, dan Desa Puspasari Kecamatan Citeureup untuk tingkat Madya.

Tersedia Bank Sampah, Biopori, Rumah Hijau, Green House, Ternak Ikan hias, ikan Nila, Taman Inspirasi, Rumah pohon, budi daya jahe merah, lorong bunga, hidroponik, budi daya sayur dengan pemanfaatan lahan tidur. Dari kegiatan ini juga melibatkan Kepala Desa besrta staf, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD, LPM, Satpol PP dan RT RW.

 

 

 

 

(Asep Bucek/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here