KPU Kabupaten Bogor Monitor Pilkada Sukabumi 2020

0
79

Politik, BogorUpdate.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor melakukan monitoring pelaksanaan hari pemungutan suara pilkada serentak, Pada Rabu (9/12/2020). Ada Lima wilayah yang dimonitor KPU Kabupaten Bogor, diantaranya Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, kabupaten Karawang, kabupaten Cianjur dan kabupaten Indramayu.

Di kabupaten Sukabumi, pelaksanaan pilkada terkendala angin puting beliung, listrik padam, pohon tumbang. Merespon hal itu, ketua KPU Sukabumi Ferry Gustaman telah membuat kesepakatan bersama Bawaslu, Polres, Kodim dan pemkab untuk memindahkan beberapa TPS dari lokasi sebelumnya yang terdampak bencana force majeur dengan menerbitkan berita acara ke lokasi lebih aman.

“Angin puting beliung membuat sejumlah tiang listrik dan pohon tumbang sehingga PLN memadamkan aliran listrik dan membuat beberapa TPS yang terdampak puting beliung dipindahkan ke sejumlah sekolah terdekat dengan lokasi TPS awal,” ujar Ferry kepada wartawan di kantor KPU Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu menurut anggota KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan yang melaksanakan monitoring pilkada serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Sukabumi berjalan lancar di sejumlah TPS.

“Pelaksanaan pungut hitung suara pilkada Kabupaten Sukabumi berjalan lancar dengan persiapan yang sangat baik dan benar dari KPU Sukabumi. Ini jadi pelajaran bagi KPU Kabupaten Bogor karena pelaksanaan pilkada dilakukan di tengah pandemi Covid-19,” kata Herry.

Herry menambahkan bahwa perbedaan pilkada di era adaptasi kebiasaan baru ada pada kelengkapan alat pelindung diri bagi penyelenggara dan pemilih. Bagi penyelenggara dilengkapi 1 set baju hazmut tiap TPS, masker, pelindung wajah, sabun pencuci tangan dan sarung tangan.

“Sementara bagi pemilih, KPU menyediakan sarung tangan plastik, sabun pencuci tangan, dan tisu untuk membersihkan tangan setelah dicuci. Dengan APD selengkap itu diharapkan pilkada serentak tidak menjadi klaster baru Covid 19,” tandasnya. (bu/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here