Kota Bogor Dukung Perpanjangan Masa PPKM Darurat

0
51

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Pemerintah Kota (Pemkot) mendukung langkah pemerintah pusat yang berencana memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dengan alasan kasus Covid-19 di Kota Bogor masih dalam taraf mengkhawatirkan.

Saat ini, Kota Bogor baru saja mencatat rekor kasus harian tertinggi sejak pandemi pada Selasa (14/07/21), karena terjadi kasus positif sebanyak 648 kasus dalam sehari.

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) masih ada 8.339 orang yang masih berstatus positif aktif di Kota Bogor dan menjalani perawatan di rumah sakit, bahkan sebagian menjalani isolasi mandiri karena kapasitas RS penuh tak lagi mampu pasien covid-19.

Seperti diketahui, bahwa pemerintah pusat mewacanakan bakal memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, yang sedianya bakal berakhir pada 20 Juli nanti.

Menyikapi hal itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, pihaknya bakal mendukung jika pemerintah pusat memutuskan untuk memperpanjang kebijakan PPKM darurat.

“Apa boleh buat. Apabila pemerintah pusat sudah menghitung semua kemungkinan-kemungkinan dan itu merupakan jalan terbaik, maka kita harus ikuti,” kata Dedie Rachim, Rabu (14/07/21).

Terkait lonjakan kasus dan rekor tertinggi harian yang terus muncul, ia mengakui hal itu merupakan sesuatu yang dikhawatirkan. Maka dari itu pemerintah terus berupaya dengan berbagai cara.

Menurutnya, jika Kota Bogor tidak menerapkan PPKM Darurat dan masyarakat masih melakukan mobilitas yang tinggi, maka akibatnya jumlah orang yang terpapar Covid makin banyak.

“Itulah yang kita khawatirkan. Kalau kita tidak lakukan ppkm darurat, masyarakat masih melakukan mobilitas tinggi akibatnya jumlah orang yang terpapar Covid semakin banyak,” ujarnya.

Ia menambahkan, kondisi kemampuan fasilitas kesehatan Kota Bogor saat ini semakin menurun. Belum lagi banyak tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid.

“Intinya kita tetap mendukung langkah-langkah, pemerintah pusat dalam penerapan PPKM Darurat. Dan semua aspek serta langkah-langkah teknis yang dilakukan semua, pemerintah daerah akan dukung,” tegasnya.

Diketahui dari data Satgas Covid-19 Kota Bogor hingga Selasa (13/7/21), kasus Covid-19 di Kota Bogor secara total sudah tembus 26.487 kasus.

Dengan 8.399 kasus diantaranya berstatus positif aktif. Dari jumlah itu, sudah 300 orang dinyatakan meninggal dan 17.788 kasus dinyatakan sembuh atau selesai isolasi.

 

 

 

 

 

(As/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here