KNPI Kota Bogor Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang Gunung Mas

0
81

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak bencana banjir bandang di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, DPD KNPI Kota Bogor mengirimkan bantuan berbagai jenis barang yang sangat dibutuhkan para korban bencana, Senin (25/1/21).

Ketua DPD KNPI Kota Bogor Bagus Maulana Muhammad mengatakan, pihaknya mengirimkan bantuan untuk para korban bencana di kawasan puncak. Sumber bantuan tersebut merupakan donasi para pengurus DPD KNPI, para OKP serta mitra KNPI.

“Item yang didonasikan berupa air minum dalam kemasan, makanan instan, perlengkapan bayi, pempers 20 bag. mudah-mudahan bantuan dari kami berbampaat bagi warga terdampak.
Ini sebagai bagian bahwa kita sangat peduli terhadap sesama,” kata Bagus.

Seperti diketahui, bencana banjir bandang menerjang Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/21) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sebanyak 7 bangunan rusak dan 1.800 orang terdampak dan mengungsi.

Danrem 061/Suryakencana Brigjen Inf Achmad Fauzi mengatakan total warga yang terdampak bencana banjir bandang di Kampung Gunung Mas, Puncak, Bogor berjumlah 1.800 orang. Namun dari total korban tersebut, hanya 145 orang yang terdampak langsung.

Untuk korban akibat bencana tersebut, ada yang berdampak langsung dan ada yang tidak terdampak langsung. Warga yang terdampak langsung itu ada 40 KK (Kepala Keluarga) atau 145 orang yang melakukan pengungsian. “Kita tempatkan di 20 titik yang disediakan di sekitar titik banjir bandang,” kata Brigjen Achmad Fauzi.

“Yang tidak terdampak adalah sisanya, ini total ada sekitar 487 KK, sekitar 1.800 orang dikurangi 145 orang (terdampak langsung), berarti sisanya adalah yang tidak terdampak langsung (1.655 jiwa),” jelasnya.

Untuk 145 orang yang terdampak langsung banjir bandang, kata Brigjen Achmad Fauzi, sudah diungsikan di 21 titik pengungsian yang tersedia di kawasan Gunung Mas. Mereka menempati fasilitas penginapan yang ada di lokasi wisata agro Gunung Mas.

Sementara lainnya atau warga yang tidak terdampak langsung, diminta untuk mengungsi sementara ke rumah saudaranya agar lebih aman.

Kampung Gunung Mas merupakan perkampungan yang berada di dalam areal agro wisata Gunung Mas Puncak yang masih dalam kawasan PTPN VIII. Bangunan rumah yang ada di dalam perkampungan ini merupakan rumah dinas untuk karyawan dan keluarga karyawan perkebunan teh.

Material banjir bandang berupa lumpur, batu dan pepohonan, terbawa arus melalui aliran SungaiCisampay danmenerjamg sebagian rumah warga. SungaiCisampai memiliki hulu di air terjunCurugCisampay yang hilirnya adalah SungaiCiliwung.

 

 

 

 

 

 

(As/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here