Kereeen, Pimpinan Cabang IMM Bogor Raya Gelar Sekolah Jurnalistik

  • Bagikan

Pendidikan, BogorUpdate.com
Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bogor Raya menggelar Sekolah Jurnalistik secara daring, dengan tema Peran Diskominfo dalam Membangun Kesadaran Beretika di Dunia Maya: “Meningkatkan Semangat Jurnalis dalam Pergerakan IMM di Era Digital”. Kegiatan ini di gelar untuk penguatan kapasitas dan pengetahuan jurnalis di Indonesia mengenai perkembangan jurnalistik diperuntukkan kader IMM se-Indonesia dan pemuda/i pada umumnya, pada Minggu (29/8/21).

Dari hasil seleksi yang ketat, ada 50 Peserta dari kader IMM se-Indonesia dan Mahasiswa umum lainnya yang lolos mengikuti sekolah jurnalistik.

Dalam sekolah jurnalistik ini, sebagai Keynote Speaker yaitu kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat. Adapun narasumber yang mengisi sekolah jurnalistik diantaranya ketua PWI Kota Bogor Arie Utama Surbakti, ketua PWI kabupaten Bogor H. Subagiyo, S.Ip, dan DPP IMM sebagai Editor Media Republika yaitu Ahmad Soleh.

Rahmat Hidayat menyampaikan rasa terimakasihnya telah diundang khusus dalam kegiatan ini. “Terimakasih telah di undang dalam kegiatan sekolah jurnalistik ini. Saya berharap kedepannya mahasiswa bisa berkolaborasi dengan Diskominfo dan menjadi seorang jurnalis yang kompeten,” ucapnya.

Sementara itu, ketua umum PC IMM Bogor, Muhamad Yunus menuturkan jika kegiatan sekolah jurnalistik ini merupakan kegiatan tahunan.

“Ini kegiatan tahunan yang bersifat sustainable, mengingat pentingnya edukasi jurnalistik terhadap kalangan muda, khususnya kader-kader IMM,” ujarnya.

“Ketika hadirnya kader IMM menjadi seorang jurnalis, maka Kader IMM harus aktif dalam penulisan berita yang berbobot dan mengupas kejadian-kejadian faktual di lapangan, yang kemudian memberikan hal positif bagi masyarakat luas,” tegas Yunus menambahkan.

Hal yang sama juga disampaikan ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo, dirinya mengapresiasi sekolah jurnalistik yang digelar oleh IMM Bogor. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Disini saya hanya sekilas menyampaikan bagaimana langkah-langkah awal menjadi seorang jurnalis, serta agar peserta paham kode etik profesi seorang jurnalis,” kata H. Subagiyo.

Begitu juga, Ketua PWI Kota Bogor, Arie Utama Surbakti, dirinya menyampaikan agar peserta memahami prinsip-prinsip dasar jurnalis. “Saya menyampaikan pemahaman agar peserta sekolah jurnalistik mampu menjawab tantangan digitalisasi dan memahami ketrampilan yang harus dilakukan seorang jurnalis,” ujar Ari sapaan akrabnya itu.

Diakhir, ketua pelaksana Sekolah Jurnalistik PC IMM Bogor, Shofi Sulhan Eban menyampaikan ucapab terima kasih kepada semua yang telah berperan serta demi suksesnya kegiatan ini.

“Terimakasih banyak kepada stakeholder yang berpartisipasi dalam agenda sekolah jurnalistik ini, tentu menjadi kehormatan kami turut hadir kepala Diskominfo Kota Bogor, dan narasumber yang kompeten. Besar harapan kami, mampu menggiring kader-kader IMM yang mempunyai kapasitas yang luas terhadap jurnalistik itu sendiri,” pungkasnya. (Bing)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.