Kendalikan Covid-19, Penumpang Comumuter Line di Rapid Antigen

0
41

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Untuk mengendalikan covid-19 yang kini terus mengalami lonjakan, para penumpang KRL Commuter Line mengikuti rapid tes antigen di kawasan Stasiun Bogor, Senin (21/06/21).

Tes ini dilakuka secara acak kepada penumpang sebagai upaya meminimalisir penularan covid-19 pada jasa angkutan kereta jurusan Bogor – Jakarta.

Dari pantauan dilapangan, rapid tes antigen dimulai sekitar Pukul 07.48 WIB. Terlihat beberapa penumpang KRL Commuter Line sudah mengantre di pos dekat area loket untuk mengikuti rapid antigen.

Seperti tes pada umumnya, satu persatu penumpang melakukan pendaftaran kepada petugas medis yang sudah berjaga. Setelah itu, mereka masuk ke dalam bilik untuk pengambilan sampel oleh petugas.

Kemudian, penumpang yang sudah menjalani tes diminta untuk menunggu hasilnya. Jika hasil hasilnya non reaktif dipersilakan melanjutkan untuk perjalanan dan apabila reaktif akan dilakukan swab PCR

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, hari Senin adalah hari volume tertinggi penumpang setiap minggunya sehingga lebih banyak melakukan tes.

“Jadi mulai hari ini kami dari KAI Commuter melakukan tes acak antigen kepada pengguna jasa Commuter Line,” katanya.

Rapid antigen ini sedianya dilakukan pada pagi hari di stasiun keberangkatan yakni Bogor, Tanggerang, Cikarang dan Bekasi. Sedangkan sore hari dilakukan di stasiun transit Tanah Abang dan Manggarai.

Diakui dia, setiap hari pihaknya menyiapkan 100-150 orang yang akan melakukan tes antigen. tapi untuk hari Senin disediakan lebih banyak karena volumenya lebih tinggi.

“Kami lihat juga ketersediaan alat kami ya. Kami akan koodinasi dengan Dinkes setempat semoga bisa lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Apabila ditemukan hasil reaktif, akan dikoodinasikan kepada Dinas Kesehatan setempat untuk dilanjutkan dengan swab PCR. Namun, apabila hasilnya non reaktif diperkenankan melanjutkan perjalanan.

“Kami akan koodinasi dengan Satgas Covid-19 setempat mereka harus PCR untuk melakukan tracing. Yang pasti dari KAI Commuter kalau dapat yang positif tidak memperbolehkan masuk ke stasiun. Nanti kita akan lihat hasilnya,” tutur Anne.

Dari hasil rapid kata dia, ternyata seorang penumpang dinyatakan positif covid-19. Lalu, penumpang tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam stasiun dan diminta untuk tes swab PCR.

“Tadi ada satu yang positif, kita sudah langsung koordinasi dengan Dinkes untuk lanjutan melakukan swab PCR karena antigen harus dipastikan lagi dengan PCR,” tandansya.

Sementara itu, salah satu penumpang KRL Commuter Line Selvi mengaku terbantu dengan adanya tes antigen secara gratis yang digelar di stasiun ini.

“Yang pertama kan emang gratis ya. Kedua dari pada harus ke rumah sakit ramai antre juga mending di sini. Ya setuju aja (rapid antigen) karena ka kita setiap hari bolak balik Bogor-Jakarta. Apalagi Jakarta kan sekarang lagi zona merah ya,” ungkapnya.

 

 

 

 

(As/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here