Kapolres Bogor Kukuhkan Kampung Tangguh Lodaya di Cileungsi

0
90

Cileungsi, Bogorupdate.com
Setelah mengukuhkan Lembur Tohaga Lodaya di Desa Gunung Putri, pada pekan lalu tepatnya pada 17 Juni 2020. Kini, Kapolres Bogor AKPB Roland Ronaldy kembali mengukuhkan Lembur Tohaga di Perumahan Duta Mekar Asri, Rw 15, Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Jumat (26/6/2020) sore.

“Hari ini kita adakan lagi kampung tangguh lodaya atau lembur tohaga lodaya di Desa Cileungsi Kidul. Kegiatan ini merupakan kegiatan ke dua yang sudah kita canangkan, jadi rencananya hal ini akan terus kita canangkan di beberapa Desa di seluruh Kabupaten Bogor,” ujar Kapolres Bogor, AKBP Roland Ronaldy kepada Bogorupdate.com.

Mantan Penyidik KPK tersebut melanjutkan, Untuk sasarannya sendiri untuk masing-masing Kecamatan kita targetkan dua atau tiga desa untuk kampung tangguh tersebut. Sehingga, nanti harapannya bisa menyebar keseluruh daerah di Kabupaten Bogor dengan harapan seluruh desa tersebut bisa mandiri. Lebih lanjut kegiatan itu dilakukan agar setiap Desa bisa sama-sama disiplin dan tidak tergantung dengan orang lain dan selalu bersinergi untuk bisa mencegah penyebaran covid-19.

“Semoga bisa dilakukan di masing-masing Kecamatan memiliki dua atau tiga kampung tangguh lodaya sebagai bentuk atau wujud dari kemandirian masyarakat dan juga solidaritas atau soliditas dari seluruh intansi Pemerintah atau masyarakat untuk kita sama sama bahu membahu memerangi penyebaran covid 19 ini,” paparnya.

Lebih lanjut, AKBP Roland Ronaldy menambahkan, bahwa Kampung Tangguh Lodaya Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi sebagai contoh kedua agar bisa dilakukan di desa lain. Dia menjelaskan, alasan memilih Desa Cileungsi Kidul ini lantaran sudah memenuhi semua kriteria yang harus dimiliki oleh kampung tangguh lodaya diantaranya adalah ketangguhan informasi, ketangguhan keamanan, ketangguhan kesehatan dan ketangguhan sosial ekonomi (pangan).

“Di kampung Tangguh Desa Cileungsi Kidul RW 15 Kecamatan Cileungsi ini juga memiliki aspek ketangguhan sosial ekonomi yang sangat baik. Mulai dari peningkatan ekonomi dalam bentuk budidaya ikan mas, ikan lele. Kemudian pengeloaan Bank Sampah, Komposting, Penghijauan dan budidaya ikan. Juga adanya Posko Logistik dan Dapur umum turut melengkat ketangguhan Kampung Tanggun yang ada di kampung Tangguh Desa Cileungsi Kidul RW 15 Kecamatan Cileungsi ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Cileungsi Kidul, Gugun Gunawan mengatakan, Kampung tangguh itu adalah kampung yang siap segalanya ketika ada bencana wabah covid 19. Desa Cileungsi Kidul ditunjuk oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cileungsi terutama dari Polsek Cileungsi untuk diikut sertakan dalam lomba kampung tangguh lodaya di Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah di Cileungsi Kidul terutama di RW 15 yang sudah terbiasa ikut lomba kampung ramah lingkungan (KRL). Ketika kita di cek oleh muspika ke rw 15 ternyata semua memadai baik pangannya, kesiapannya sampai peralatan yang dibutuhkan ketika ada bencana ataupun covid 19. Karena masuk kriteria mungkin oleh Muspika Cileungsi diikut sertakan. Kami dari pihak desa hanya bisa mendorong dan membantu KRL rw 15 bila ada kekurangan baik dari segi apapun.

“Harapan kedepannya setiap rw ada KRL jadi ketika ada bencana atau covid 19 kita sudah siap semuanya jadi jangan hanya di rw 15 saja. Jadi untuk kedepannya rw 15 bisa menjadi contoh agar bisa melakukan hal yang sama agar warga sudah siap dalam menghadapi bencana apapun, tidak harus menunggu dari Pemerintah, warga sudah bisa mandiri dalam menanggulangi bencana,” pungkasnya. (Jis)

 

 

 

 

Editor : Bing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here