Kang WK Kades Tarikolot Selalu Dekat Dengan Warga Melalui Gemar Rawi

0
41

Citeureup, BogorUpdate.com
Kepala Desa (Kades) Tarikolot, Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Wawan Kurniawan fokus menggalakan Gerakan masyarakat rawat wilayah (Gemar Rawi) di desa yang dipimpinnya. Gemar Rawi yaitu gerakan gotong royong warga yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Minggu di seluruh wilayah yang dikomandoi oleh para Ketua RT, RW, Kadus, Kader PKK, Posyandu dan Karang taruna. Hal tersebut dikatakan kang WK sapaan akrabnya itu, kepada BogorUpdate.com, Sabtu (10/7/21).

“Saya setiap hari minggu keliling wilayah, khususnya ke setiap RT untuk mengajak bersama-sama membangun desa dengan Gemar Rawi. Karena saya ingin jiwa gotong royong terus hidup di masyarakat, inilah alasan besar kenapa saya ciptakan Gemar Rawi,” ujar kang WK.

“Salah satu bukti nyata ketika saya langsung turun ke setiap rumah warga melalui ketua RT saat gotong royong, saya tak pernah membawa sesuatu untuk diberikan ke lingkungan, malah justru saya yang selalu di servis. Warga terkadang rebutan agar saya makan dirumahnya, itulah servis termahal bagi saya ketika bisa menyatu dengan warga tercinta,” ungkap kang WK menambahkan.

Kang WK menyatakan selama kurun tiga periode memimpin Desa Tarikolot, bahwa dirinya bukanlah pelayan masyarakat. “Saya bukan pelayan. Kenapa saya katakan demikian? Saya contohkan ketika kita mau makan disuatu restoran atau kafe, pasti datang pelayan yang menanyakan dan mencatat menu apa yang kita inginkan. Apakah pelayan tadi menanyakan apa pantangan makan kita, lalu melarang? Pasti tidak, tetap yang akan datang ke meja sesuai menu pesanan kita,” sebutnya.

“Kalau saya memiliki prinsip, jadilah pemimpin seperti seorang bapak terhadap anak-anaknya. Kalau kita menjadikan warga seperti anak yang harus kita jaga dan lindungi, maka kita akan tahu apa kebutuhan serta apa masalah yang dihadapi. Gak mungkin ketika kita tahu anak kita ada koreng dan bisul lantas kita kasih makan telor yang adalah pantangannya, begitulah cara saya memimpin, ketahui dulu apa masalah yang terjadi di masyarakat dengan cara menyentuh hatinya, lalu berikan solusi sesuai dengan permasalahannya,” kata kang WK menambahkan.

Ketika disinggung soal program Bupati Bogor Ade Yasin yaitu Satu Miliar Satu Desa (Samisade), kang WK mengatakan sangat mendukungnya. Menurutnya, program Samisade merupakan pemikiran yang brilian yang sesuai dengan Pancakarsa yaitu Karsa membangun. Dirinya berharap dana Samisade dapat dimanfaatkan para kepala desa dengan sebaik-baiknya sesuai manfaatnya.

“Saya mendukung program Samisade, dan Desa Tarikolot mendapatkannya tahun ini. Bahkan dana nya belum turun, peruntukannya untuk membangun jalan sudah kita kerjakan dengan cara swadaya yaitu gotong royong sesuai program Gemar Rawi. Kita gak perlu pusing, karena pimpinan dengan warganya sehati dalam menjaga wilayah sehingga semua berjalan mudah,” ungkapnya.

“Perlu saya sampaikan lagi, Gemar Rawi benar-benar sangat menyentuh masyarakat. Itulah yang membuat saya selalu dekat dengan warga, bisa bertemu dan bertatap muka setiap hari minggu sambil gotong royong. Bisa makan bersama dirumah warga tanpa ada perbedaan, itulah arti Gemar Rawi yang sesungguhnya,” tutup kang WK. (Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here