Kamsul Hasan: Wartawan yang Sudah Lulus UKW Diharapkan Bisa Menyesuaikan Diri di Jaringan 5G

0
79

Kamsul Hasan, Ketua komisi kompetensi pada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

 Sukaraja, BogorUpdate.com
Ketua komisi kompetensi pada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Kamsul Hasan menyebut, jika nanti teknologi jaringan generasi kelima (5G) telah masuk ke Indonesia, dimana bagi jurnalis di Indonesia yang telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebelumnya, mulai dari tingkat Muda, Madya hingga Utama tak perlu lagi mengulang untuk menempuh uji kelayakan keprofesian tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kamsul Hasan saat menjadi pengisi acara dalam sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan (Pra UKW) yang dihelat PWI perwakilan Kabupaten Bogor, bertempat di M-One Hotel, Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/20).

Kamsul mengatakan, dalam tugas wartawan di negeri ini yang mulanya menulis naskah berita dengan berupa teks nantinya bakal bertransformasi menjadi audio visual (Tayangan Bergerak) karena kemajuan teknologi jaringan yang ditemukan oleh negara maju seperti Korea.

“Enggak, enggak perlu mengulang UKW lagi meski jaringan generasi kelima (5G) itu masuk ke Indonesia,” kata Kamsul disela-sela acara.

Ia menjelaskan, untuk rekan wartawan yang telah lulus UKW tidak perlu mengulang uji kompetensi keprofesiannya itu meski pun nanti adanya peralihan penyajian berita kepada pembaca atau masyarakat luas dari berupa naskah berita atau teks tulisan ke audio visual

Menurutnya, dengan perkembangan jaman yang semakin maju di bidang teknologi maupun jaringan tersebut, membuat masyarakat Indonesia cenderung lebih malas untuk membaca.

“Dan mereka (Masyarakat, red) lebih tertarik dengan dengar pandang berupa tayangan bergerak yang juga ada suaranya atau audio visual tersebut,” bebernya.

Pasalnya, kata Kamsul, untuk dewan pers yang melakukan uji kompetensi bagi wartawan daerah di manapun berada, jajarannya itu masih menggunakan metode lama dalam menguji kelayakan wartawan di daerah. Yang mana juga, sambungnya, wartawan yang telah memiliki sertipikat dan kartu UKW diharapkan dapat menyesuaikan diri serta mempelajari teknologi dengan adanya peralihan penyajian pemberian informasi berita kepada masyarakat dari teks ke audio visual.

“Jadi bagi teman-teman yang sudah memperoleh sertipikat UKW itu nantinya jangan hanya berdiam diri, dia harus terus upgrade harus terus ikut perkembangan jaman. Karena dunia media kita ini terus berkembang dengan ditemukannya teknologi jaringan generasi kelima atau Five G (5G) di negara-negara maju seperti korea yang kemampuan kecepatan jaringannya berkali-kali lipat dari jaringan 4G saat ini,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

(Rul/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here