Kades Wanaherang Minta THR ke Perusahaan Lewat Surat, Dewan: Itu Tidak Dibenarkan

0
204

Gunung Putri, BogorUpdate.com
Menjelang Hari Raya Idul Fitri beredar surat berisi permintaan uang tunjangan hari raya (THR) dari oknum kepala desa ke pengusaha di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Surat edaran itu ditandatangani atas nama Kepala Desa (kades) Wanaherang, Heri Sudewo, Sabtu (1/5/21).

Dalam isi surat yang dikeluarkan tanggal 23 April 2021 dengan nomor surat 005/89/IV/2021 tersebut berisi terkait permintaan THR kepada perusahaan yang berdomisili di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, agar memberikan partisipasinya dan diberikan kepada pihak desa paling lambat satu minggu sebelum lebaran.

Hal itu disayangkan Anggota Komisi III DPRD kabupaten Bogor, Ferry Roveo Checanova, menurutnya terkait beredarnya surat permintaan THR terhadap perusahaan itu tidak dibenarkan. Apalagi pihak Desa menentukan nominal dan menentukan berapa hari harus diselesaikan oleh pihak perusahaan.

“Isi selebaran nya terkait permintaan apa sumbangan THR. Soalnya kalo selebaran terkait meminta THR terhadap pelaku usaha yang ada di wilayah desa sangat tidak dibenarkan. Apalagi dengan sudah mencantumkan nilai uang yang di minta nya,” geramnya.

Veo sapaan akrabnya menambahkan, Dalam situsai menjelang lebaran seperti saat ini, Perusahaan atau pelaku usaha harus lebih memperioritaskan karyawan terkait masalah THR tersebut. “Tapi kalo ada sumbangan dari perusahaan atau pelaku usaha memberikan sumbangan untuk THR pegawai dan keperluan desa tidak masalah juga, namanya juga sumbangan. Tapi jangan juga pihak desa memaksa perusahaan agar memberikan sumbangan,” pintanya.

Pria yang berangkat dari Partai PPP itu menyampaikan, biasanya perusahaan atau pelaku usaha menyadari di bulan ramadhan yang mehadapi hari raya ini pasti mau berbagi dengan desa dan lingkungan. Hanya saja dengan cara tidak memaksa dengan edaran proposal yang menyudutkan.

“Perusahaan biasanya di bulan ramadhan atau menjelang lebaran mau berbagi terhadap lingkungan. Karena di situasi masih pandemi seperti ini kita sama-sama tau lah betapa sulit nya perusahaan dan masyarakat terkait pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19 ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wanaherang, Heri Sudewo belum memberikan keterangannya saat dihubungi via WhatsApp oleh wartawan Bogorupdate.com terkait adanya selebaran surat meminta THR ke perusahaan yang ada di Wilayahnya.

 

 

 

 

 

 

(Jis/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here