Kacau! DPKPP Dukung PT Ferry Sonneville Alih Fungsi Lahan Jadi Jalan

  • Bagikan

Gunung Putri, BogorUpdate.com
Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, diduga dukung pelanggar Surat Keputusan (SK) Bupati Tahun 2016. Hal itu terbukti saat PT Ferry Sonneville (FS) merubah fungsi peruntukan yang telah di ploting dalam siteplan sebagai peruntukan penghijauan menjadi akses jalan di Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri. Senin (20/9/21).

Kepala Bidang (Kabid) Pertanahan pada DPKPP Kabupaten Bogor, Eko Mujiarto mengatakan, pihaknya mendukung ketidaksesuaian peruntukan yang dilakukan PT FS tersebut.

“Kondisinya darurat. Informasinya zona hijau itu sementara akan digunakan sebagai jalan sampai nantinya dikembalikan lagi sesuai fungsinya ketika selesainya permasalahan akses kendaraan utama yang disediakan PT FS,” ujar Eko kepada wartawan, Minggu (19/9/21) kemarin.

Eko berdalih bahwa pihaknya tidak dapat memastikan perbuatan PT FS yang tak sesuai SK Bupati yang tertuang dalam Siteplan 2016 tersebut menyalahi.

“Saya tidak bicara secara hukum perbuatan PT FS itu dibenarkan. Kalau secara hukum nanti biar bidang hukum atau orang yang berkaitan dengan penggunaan itu, sudah sesuai atau tidak,” kata Eko.

Terpisah, Ahli Planologi dan Tata Kota, Yayat Supriatna menegaskan, perbuatan developer di Gunung Putri tersebut telah menyalahi aturan yang berlaku.

“Siteplan itu jadi dasar dalam konteks peruntukannya. Kalau fungsinya dirubah diam-diam itu tidak boleh karena nanti berpengaruh terhadap komposisinya,” tegas Yayat.

Lebih lanjut Dosen Universitas Trisakti itu menerangkan, pemilik Siteplan mestinya melakukan perubahan sebelum dilakukannya pengerjaan zona hijau dengan alat berat.

“Ya lakukan terlebih dahulu perubahan siteplan baru ada pengerjaan. Kalau secara diam-diam itu jelas melanggar, sementara akses jalan itu sama dengan zona penghijauan yakni PSU yang wajib disediakan pengembang,” tandasnya.

Penulis: EndiEditor: Endi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.