Jemput Bola, Pemdes Sukatani Salurkan BLT-DD Tahap 1 di 158 KPM

0
35

Sukaraja, BogorUpdate.com
Pemerintah Desa (Pemdes) Sukatani Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, melaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021 Tahap pertama, Minggu (23/05/21).

Penyaluran bantuan dengan sistem jemput bola atau mendatangi rumah warga penerima ini, pihak Pemdes Sukatani berinisiatif memberikan kartu tanda penerima yang dinamakan Kartu BLT-DD. Hal ini guna memudahkan para penerima agar tidak terjadi data bantuan ganda.

“Dalam kesempatan tersebut, kami selaku Pemdes Sukatani menyalurkan BLT-Dana Desa kepada 158 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing sebesar Rp 300.000 plus kartu BLT-DD sebagai tanda dalam memudahkan dan penyaluraannya,” terang Kades Sukatani, Suhendar kepada bogorupdate.com, usai kegiatan.

Suhendar menjelaskan, proses penyaluran BLT-DD Tahap 1 Tahun 2021 ini, dilakukan secara door to door mendatangi rumah warga penerima bantuan tersebut, karena mayoritas penerima adalah di usia lanjut atau lansia.

“Saya datangi langsung rumah-rumah warga penerima bantuan yang ada di 17 RT 5 RW ini bersama staf, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa maupun pihak kecamatan dalam penyalurannya,” jelas Suhendar.

Lanjut Suhendar, menyampaikan bahwa sasaran BLT Dana Desa adalah warga yang terdampak COVID-19 dan yang penting lagi belum mendapat bantuan apapun seperti PKH, BPNT, BST, Bantuan Kementerian Sosial dan segala bentuk bantuan lainnya.

“BLT-Dana Desa diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah memenuhi kriteria penerima BLT-Dana Desa yang sebelumnya telah disepakati dalam forum Musyawarah Desa Khusus (Musdesus),” katanya.

Orang nomor 1 di Desa Sukatani ini, berpesan kepada warganya untuk bisa mempergunakan bantuan ini untuk membeli kebutuhan pokok serta kebutuhan sehari hari lainnya.

“Semoga bisa bermanfaat dengan adanya BLT-DD ini, serta bisa meringankan beban ekonomi masyarakat Desa dalam masa pandemi ini,” harapnya.

Sementara itu, Hj.Arum (55) salah satu KPM mengatakan, dirinya merasa senang bisa mendapatkan bantuan BLT DD. Ibu ini mengaku bantuan yang diterima akan dipergunakan untuk tambahan kebutuhan sehari-hari.

“Terima kasih kepada pihak desa atas perhatiannya kepada warga dalam penyaluran BLT DD, Alhamdulillah bisa membantu dalam perekonomian masyarakat dimasa pandemi saat ini,” ujarnya.

Dalam pantauan, terlihat selama proses penyaluran BLT Dana Desa, warga tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker serta menjaga jarak.

 

 

 

 

 

 

(Asep Bck/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here