Jabat Kadiskominfo, Ini Yang Bakal Digarap Irwan Purnawan

0
138

Foto Irwan Purnawan, Kadiskominfo Kabupaten Bogor saat wawancara khusus dengan media BogorUpdate.com, Jumat (7/8/20).

Pemerintahan, BogorUpdate.com
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor sekarang dinakhodai oleh R. Irawan Purnawan, S.H., M.H., M.Kn menggantikan Dr. Drs. Kardenal, M.Si yang cukup lama menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt). Irwan Purnawan sebelumnya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Perundang-Undangan pada Setda Kabupaten Bogor. Irwan Purnawan terpilih setelah mengikuti Lelang jabatan terbuka (open bidding) untuk enam kursi kepala dinas/badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Dalam wawancara khusus dengan BogorUpdate.com, Irwan Purnawan mengatakan akan amanah mengemban tugas sebagai Kadiskominfo Kabupaten Bogor.

“Kita akan bekerja semaksimal mungkin dan membuat terobosan yang baru dan sesuai harapan dari Bupati Bogor Ade Yasin, agar yang lolos adalah orang-orang yang dapat bekerja dengan baik dan inovatif dan kita akan mencoba terobosan-terobosan baru,” ujar Irwan sapaan akrabnya di ruang kerjanya, Jumat (07/08/20).

“Kita akan melanjutkan program apa saja yang sudah ataupun belum jalan. Program-program yang ada sekarang ini akan kita lanjutkan dan kita tingkatkan,” sambungnya.

Irwan melanjutkan, seperti yang kita ketahui Diskominfo itu sebagai unsur Dinas pembantu Bupati dalam urusan tertentu dibidang komunikasi dan informasi, ada target-target dan gagasan yang ingin saya capai salah satunya, kita juga ingin mengembangkan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik

“Meningkatkan sistem pelayanan publik yang berbasis elektronik supaya memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan informasi. Diantaranya sekarang seperti dalam penggunaan Sistem Online Perizinan Transparan Informatif dan Sistematis (OPTIMIS) dan pelayanan Disdukcapil secara online,” ungkapnya.

“Kita berharap kedepan semua Dinas-dinas yang lain bisa mengembangkan pelayanan dan urusan pemerintahan berbasis elektronik,” kata Irwan melanjutkan.

Irwan pun berkeinginan untuk mewujudkan Community centre. “Bagaimana pimpinan bisa mengendalikan wilayahnya cukup dengan ruangan yang semuanya berbasis teknologi informasi, kita akan coba membuat serta merumuskan roadmap nya seperti apa, mencontoh Surabaya, Makasar Semarang dan kita mencoba ke arah sana,” sebutnya.

Masih kata Irwan mengungkapkan, pandemi Covid-19 yang saat ini masih terus menghantui seluruh masyarakat indonesia khususnya Kabupaten Bogor, namun tetap ada hikmahnya.

“Ada sedikit hikmah yang bisa kita ambil dari Pandemi Covid-19 ini, seperti yang kita ketahui bersama, Kabupaten Bogor ini wilayahnya lumayan luas, andaikan ada muspika yang berada di wilayah Bogor Barat ataupun Bogor Timur ingin rapat dengan Muspida mereka akan berangkat pagi agar sesuai jadwal, tapi dengan adanya semacam aplikasi zoom sekarang kita bisa menghemat waktu dengan melakukan rapat secara online,” ungkapnya.

Di closing statement nya Irwan berpesan, agar masyarakat tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker bila keluar rumah, menjaga jarak dan bagaimana bisa memanilisir penyebaran Covid-19.

“Meskipun kita saat ini berada di PSBB pra AKB tapi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan tugas kami pun ikut mensosialisasikan lewat rekan-rekan media, ataupun dengan kanal radio dan sebagainya,” pungkasnya.

Foto H. Subagiyo, Ketua PWI Kabupaten Bogor

Ditempat terpisah, Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo berharap agar Diskominfo dibawah pimpinan Irwan Purnawan bisa bersinergi dengan rekan-rekan media.

“Selamat bertugas di posisi yang baru, semoga Bapak Irwan Purnawan bisa bekerjasama dengan rekan-rekan media terkait keterbukaan informasi publik serta bisa membuat terobosan-terobosan baru agar Kabupaten Bogor bisa lebih maju,” harapnya.

 

 

 

 

(Wd/bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here