Ini Dia Tempat Ngabuburit Sekaligus Berburu Takjil di Kota Hujan

0
42

Sumber foto (Pingpoint.com)

Kuliner, BogorUpdate.com
Bulan Ramadan selalu identik dengan kegiatan ngabuburit yang biasa dilakukan sambil menunggu adzan maghrib. Selain ngabuburit, biasanya masyarakat juga menyempatkan waktu tersebut untuk berburu takjil buka puasa. Salah satunya di Kota Bogor yang terdapat beberapa tempat yang biasa menjadi tempat favorit ngabuburit warga Bogor sekaligus tempat berburu takjil.

Menjelang sore hari, banyak pedagang yang mulai membuka stan makanannya, mulai dari jajanan takjil, hidangan utama, sampai kuliner khas Bogor bisa Pengunjung jumpai ketika ngabuburit di Kota Bogor.

Berikut ini beberapa tempat ngabuburit sekaligus berburu takjil di Kota Bogor yang bisa jadi pilihan Para pengunjung untuk mengisi waktu luang menunggu adzan maghrib.

1. Kawasan Air Mancur
Saat memasuki bulan ramadan, kawasan air mancur akan lebih ramai dari bulan-bulan sebelumnya. Memang di kawasan tersebut, ketika menjelang sore banyak penjual makanan yang mulai membuka lapak dagangannya. Kawasan yang berlokasi di pertemuan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani ini terdapat berbagai macam jenis kuliner yang bisa Pengunjung coba. Mulai dari angkringan, street food, jajanan pasar, sampai beberapa restoran dan rumah makan ada di kawasan air mancur ini.

2. Jalan Veteran (Kawasan Merdeka)
Jalan Veteran atau yang lebih dikenal dengan kawasan Merdeka ini bisa menjadi pilih tempat untuk ngabuburit. Mayoritas pedagang di kawasan tersebut menjual makanan dan minuman yang dijajakan dengan gerobak atau berupa stan-stan. Aneka kuliner bisa Pengunjung temukan di Jalan Veteran ini, mulai dari jajanan pasar, makanan berat, angkringan, hingga kuliner khas Bogor bisa Pengunjung pilih untuk menu berbuka puasa.

3. Jalan Raya Bangbarung
Jalan Raya Bangbarung sudah lama dikenal dengan berbagai kuliner hitsnya di sepanjang jalan. Di jalan tersebut Pengunjung akan dengan mudah menemukan kedai, stan makanan dan gerobak kuliner yang berjajar rapih. Kuliner yang ada di jalan satu ini pun cukup beragam, mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner modern yang kekinian. Kawasan kuliner yang berlokasi di sepanjang Jalan Raya Bangbarung, Kecamatan Tegalgundil, Bogor Utara ini tidak sulit untuk diakses karena letaknya yang cukup strategis memudahkan Pengunjung untuk menjelajahi kawasan yang satu ini.

4. Jalan Pandu Raya
Jalan Pandu Raya ini sebenarnya merupakan perpanjangan kawasan kuliner dari Jalan Raya Bangbarung. Kuliner yang berada disepanjang jalan ini lebih bernuansa kekinian, hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya kafe-kafe es krim, kedai kopi, atau kafe-kafe dessert yang tentunya cocok untuk menu berbuka puasa Pointers. Meski kebanyakan kuliner modern kekinian, kawasan ini terdapat juga kuliner tradisional yang legendaris, seperti Bakso PMI dan Surabi Durian. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya Bangbarung, Pengunjung bisa menemui Jalan Pandu Raya setelah melewati Jalan Raya Bangbarung.

5. Lapangan Sempur
Lapangan sempur dulunya hanya sebuah lapangan sepak bola, yang kini menjadi salah satu wahana rekreasi bagi warga Kota Bogor terutama saat bulan ramadan. Berbagai wahana seperti skate park, taman ekspresi, playground, hingga wahana panjat tebing selalu ramai oleh pengunjung. Untuk urusan kulinernya, tempat ini juga tidak kalah ramai. Sejak sore hari sudah terlihat aneka takjil dan hidangan utama berjejer rapih di sekitar lapangan. Mulai dari jajanan pasar, street food, menu khas buka puasa, sampai makanan berat ada di kawasan satu ini. Lokasinya yang berada di tengah kota mudah sekali ditemukan karena terdapat landmark besar bertuliskan “SEMPUR” sehingga memudahkan pengunjung dari dalam maupun luar kota Bogor untuk mengunjunginya.

6. Taman Kencana
Tidak jauh dari lapangan sempur, pengunjung bisa berjalan ke Taman Kencana sekitar 5-10 menit saja. Salah satu taman kota yang ada di Kota Bogor ini merupakan tempat favorit berkumpulnya anak muda untuk sekedar menyalurkan hobi komunitas, sampai menggelar acara. Menjelang sore hari, kawasan Taman Kencana mulai didatangi para pedagang makanan yang menjajakan dagangannya. Biasanya mereka akan membuka stan atau berjualan melalui gerobak. Di sekitar kawasan tersebut juga terdapat kafe, kedai, dan restoran yang bisa menjadi pilihan anda semua untuk ngabuburit menunggu adzan maghrib.

7. Jalan Suryakencana
Kawasan Jalan Suryakencana memang dikenal sebagai sentra kuliner kaki lima di Kota Bogor. Berbagai makanan tradisional maupun modern ada di kawasan tersebut. Surga kulinernya Kota Bogor ini memang cocok dijadikan tempat ngabuburit. Di kawasan ini, anda semua bisa mencoba berbagai macam jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

8. Ruko Taman Yasmin
Tempat ini merupakan deretan ruko-ruko yang berada di sebuah perumahan, tepatnya berada di deretan ruko Taman Yasmin Sektor VI. Meskipun wujudnya berupa ruko, dibagian depan berjajar rapih puluhan tenda street food yang siap menggugah selera pengunjung. Menjelang sore kawasan Ruko Taman Yasmin ini akan ramai oleh pengunjung, terlebih memasuki bulan ramadan. Ada banyak jenis takjil yang dijual, mulai dari aneka es, jajanan pasar, dan roti. Menjelang malam hari, gantian para pedagang kuliner berat yang menjajakan dagangannya, seperti street food, nasi uduk, nasi liwet, aneka bakaran, sampai kuliner tradisional ada di kawasan tersebut.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat ngabuburit sekaligus berburu takjil di Kota Bogor yang bisa di kunjungi untuk mengisi waktu menunggu adzan maghrib.

 

 

 

 

 

Sumber : Pingpoint.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here