GM FKPPI Kabupaten Bogor Gulirkan Penanaman Bambu di Bumi Tegar Beriman

  • Bagikan

Cibinong, BogorUpdate.com
Generasi Muda (GM) Forum Komunikasi Putra dan Putri Angkatan Bersenjata Indonesia dan Polri (FKPPI) Cabang Kabupaten Bogor gencar penanaman dan budidaya bambu di wilayah Bumi Tegar Beriman.

Ketua GM FKPPI Cabang Kabupaten Bogor, Hirja Rosis mengatakan, pihaknya sedang menggulirkan program penanaman bambu di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

“Kami sudah lakukan penanaman 1000 bambu di kaki Gunung Salak. Bukan hanya itu penanaman hingga pembibitan bambu sudah dilakukan di Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang,” ujar Rosis kepada wartawan, Kamis (26/8/21).

Ia menambahkan, pihaknya memilih penanaman dan pembibitan bambu dikarenakan memiliki sejuta manfaat baik bagi alam maupun manusia.

“Bambu ini banyak manfaat seperti akarnya yang dapat menahan sturktur tanah sehingga terhindar dari longsor, mampu menampung air hujan sehingga menjaga ketersediaan air, daun keringnya sebagai pupuk hingga satu batang bambu menghasilkan oksigen 3 kilogram perhari. Artinya luar biasa manfaat bambu ini,” katanya.

Ia menerangkan, pohon bambu tersebut juga memiliki nilai ekonomis cukup tinggi bagi masyarakat.

“Batang bambu dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Ini dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat,” terangnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya memiliki target khusus dalam gerakan penanaman tumbuhan yang memiliki sejuta manfaat bagi alam maupun manusia.

“Target kami itu menanam bambu satu hektar setiap desa. Jadi secara keseluruhan target kami ada 400 hektar kebun bambu di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, pihaknya melibatkan Yayasan Studi Hukum dan Advokasi Masyarakat Indonesia (Yapusham) dalam gerakan tanam bambu.

“Dalam penanaman dan pembibitan bambu itu bersama Yapusham. Kegiatan ini untuk menjaga alam dan memberikan manfaat kepada orang banyak,” tandasnya.

 

 

 

 

(do/bing)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.