Gawat! Dana Bansos Kelurahan Cisarua Diduga Dipungli

0
660

Foto ilustrasi (Net)

Cisarua, BogorUpdate.com
Sejumlah masyarakat penerima dana Bantuan Sosial (Bansos) yang terdampak Covid-19 di Wilayah Kelurahan Cisarua Kecamatan Cisarua, mengeluhkan adanya pemotongan uang bantuan ini.

Pasalnya, uang bantuan yang diterima para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini tidak utuh karena adanya dugaan pungli yang dilakukan oknum RT sebesar Rp150 ribu hingga Rp200 ribu yang terjadi di RT 1, 2, 3 RW 5 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cisaruan.

“Dapat bantuan Provinsi ini kan ada Sembako senilai Rp350 ribu dan uang tunai Rp150 ribu. Tapi, kenapa pihak RT membuat aturan sendiri jika bantuan ini harus dipilih salahsatu, mau sembako atau uang, karena saya awam akhirnya saya pilih sembako dan uang Rp150 ribunya diambil RT,” kata Warga yang enggan disebut namanya kepada bogorupdate.com, Kamis (2/07/2020).

Warga lainnya berinisial Y di RT 3 RW 5 juga mengalami hal yang sama. Ia mengaku tidak menerima secara utuh dari bantuan ini.

“Bantuan tahap I dipotong 200 Ribu, tahap II dipotong Rp.100 ribu. Yang seharusnya menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari kemensos sebesar Rp.600 ribu/Kepala Keluarga (KK),” keluhnya.

Surat pernyataan warga yang dipungli oknum RT

Serupa di akui warga lainnya. Seorang warga sekitar inisial Y mengeluhkan pemotongan uang bantuan yang dilakukan oknum RT setempat.

“Saya terima Rp400 ribu dipotong Rp200 ribu, alasan ketua RT buat dibagiin dibagikan ke warga lain,” ujarnya.

Sementara itu, PLt Lurah Cisarua, Heru Hendrawan mengaku jika pihaknya baru mendengan hal ini. Pihaknya akan melakukan klarifikasi terhadap para RT tersebut jika memang adanya pungutan liar (pungli) Bansos Covid-19 yang dilakukan sejumlah oknum RT.

“Secepatnya saya panggil para RT untuk diklarifikasi,” tutupnya.

Untuk diketahui, dari 19 RT 5 RW yang ada di Kelurahan Cisarua pada Bantuan Provinsi dari Gubernur Jawa Barat Tahap 1 pada Tanggal 13 Mei sebanyak 289 Kepala Keluarga dan Tanggal 18 juni termin II sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK). Pelaksana Karang Taruna Kecamatan.

Sementara untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 dari Kemenso pada Tanggal 27 april sebanyak 134 kpm (tahap 1), Tanggal 4 juni sebanyak 134 KPM (tahap 2), Pelaksana Kantor Pos Cisarua. (Red)

 

 

 

 

Editor : Bing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here