Dr Iman Sugema: Hadapi Covid-19, Publik Harus Hentikan Trade Off Kesehatan dan Ekonomi

0
42

Dr Iman Sugema, Dosen IPB University

Ekobis, BogorUpdate.com
Dr Iman Sugema, Dosen IPB University menyatakan bahwa Pemberlakukan Pbatasan Kegiatan (PPKM) Darurat merupakan alternatif yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana sekaligus bencana ekonomi. Dengan konfirmasi positif harian mencapai angka 30.000, kondisi fasilitas kesehatan memiliki risiko untuk kolaps karena suplai oksigen dan jumlah tenaga kesehatan yang terbatas.

Hal ini disampaikannya di FEM Station yang digelar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), IPB University, Senin (5/7/21). Talkshow yang digelar setiap Senin-Jumat di channel Youtube mengangkat tema “FEM STATION-Covidnomics: PPKM COVID-19 dari Sudut Pandang Behavioral Economics”.

Dalam paparannya, Pakar Ekonomi Moneter dan Perbankan IPB University ini mengatakan bahwa behavioral economics memegang peranan penting untuk meningkatkan efektivitas kebijakan PPKM Darurat. Format kebijakan nasional PPKM Darurat seyogyanya didesain dengan skenario PPKM Darurat Plus di tingkat daerah.

“Pemerintah Daerah melalui Satgas COVID-19 dapat secara persuasif berharap bahwa stay at home merupakan solusi untuk mengindari bencana sekaligus melakukan mekanisme penegakan yang sesuai dengan situasi masyarakat yang riil. Pada hakikatnya, setiap individu bersifat menghindari risiko sehingga media dapat berperan penting untuk mengamplifikasi informasi secara transparan mengenai kondisi saat ini yang membutuhkan perhatian dan partisipasi publik dalam penanganan pandemi secara serius,” imbuh pengampu Mata Kuliah Makroekonomi di FEM IPB University ini.

Terlepas dari konteks kultur masyarakat Indonesia yang secara umum adaptif, masyarakat serta sektor korporasi/swasta diharapkan dapat memahami bahwa prioritas utama saat ini adalah kesehatan. Untuk itu, publik harus menghentikan trade off yang berlebihan tentang ekonomi dan kesehatan. Skenario slow release saat ini diimplementasikan dalam perekonomian, dimana perbaikan penananganan pandemi dari sisi kesehatan pada gelombang kedua ini akan membuat ekonomi lebih cepat pulih.

Dalam dialog tersebut, Dr Iman Sugema juga membantu bahwa bantuan sosial dalam bentuk tunai dan alam sangat penting sebagai bantalan kebutuhan ekonomi masyarakat. Selanjutnya, pada saat pemulihan ekonomi terjadi, diharapkan pajak berupa subsidi dapat digelontorkan untuk menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

 

 

 

 

 

 

(ipb/bu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here