Dosen Mengabdi IPB Ajarkan Visualisasi Data kepada Mahasiswa Yatim di Bogor

0
106

BOGORUPDATE.COM – Melalui Program Dosen Mengabdi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University kali ini hadir dengan membawakan tema Pengenalan Visualisasi Data Menggunakan Tableau Desktop kepada mahasiswa yatim. Kegiatan berupa pelatihan ini ditujukan kepada 26 mahasiswa yatim binaan Yayasan Al Ruhamaa, Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor pada Sabtu (7/12/19).

Software Tableu Desktop merupakan salah satu software yang banyak digunakan oleh perusahaan. Oleh karena itu, pelatihan visualisasi data menggunakan Tableau Desktop ini diharapkan mampu menambah kemampuan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja.

Hadir sebagai dosen mengabdi IPB University yaitu Dr Donny Citra Lesmana, S.Si, M.Fin.Math dari Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), IPB University. Dr Donny menjelaskan tentang pentingnya mengolah data menjadi sebuah informasi.

“Informasi inilah yang kemudian digunakan dalam pengambilan keputusan baik di bidang bisnis, politik, ataupun sosial, bergantung pada jenis data yang diolah,” imbuhnya.

Dr Donny menambahkan, dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, sama halnya dengan pertumbuhan data yang akan selalu bertambah di setiap waktunya bahkan dalam skala detik. Pelatihan visualisasi data ini sangatlah membantu mahasiswa untuk lebih mudah memahami data yang terus bertambah sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Menurutnya, generasi milenial saat ini sangat membutuhkan keahlian dalam mengolah data seperti. Pada sesi pelatihan visualisasi data ini, peserta secara langsung diajarkan praktik visualisasi data penjualan produk di dunia agar dapat membaca kondisi pasar secara cepat dan mudah. Informasi dapat diolah dan disajikan dalam bentuk grafik dengan beragam jenis, seperti line chart, pie chart dan map chart. Jenis data yang diolah dapat berupa akumulasi data tahunan ataupun bulanan.

Sementara itu, pembina Yayasan Al Ruhamaa, Sukma menyampaikan, kegiatan pelatihan visualisasi data ini belum pernah dilaksanakan di Yayasan Al Ruhamaa dan baru pertama kalinya. Oleh katena itu pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa supaya dapat meningkatkan ilmu pengetahuannya. Pelatihan ini tidak hanya menambah skill mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah, laporan penelitian, maupun skripsi tetapi juga bisa bermanfaat ketika setelah lulus dan memasuki dunia kerja.

Harapannya, anak-anak Yayasan Al Ruhamaa dapat mengikuti pelatihan dengan serius untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat guna menambah pengetahuan atau ketrampilan terutama bagi yang mempersiapkan diri memasuki lapangan pekerjaan dan peningkatan pengembangan pribadi. (Awl/RA)

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Humas IPB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here