Desa Cibanon Gagal Dapat Samisade, Ini Penjelasan Sekdes

  • Bagikan

Sukaraja, BogorUpdate.com
Pemerintah Desa (Pemdes) Cibanon Kecamatan Sukaraja, ditengarai tidak menyerap anggaran Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang saat ini menjadi program andalan Bupati Bogor Ade Yasin. Pasalnya, desa ini tidak masuk dalam kriteria prioritas program tersebut.

Sekdes Cibanon, Nurdin Cahaya membenarkan jika desanya tidak mendapatkan program Samisade. Hal itu lantaran, kriteria pembangunan pada program ini tidak masuk prioritas.

“Kita tidak mengajukan pak. Karena dalam kriteria pembangunannya, Desa Cibanon tidak masuk prioritas Samisade,” katanya kepada bogorupdate.com, Senin (30/08/21).

Menurut Nurdin, kriteria pembangunan di desanya, hanya ada pembangunan pada jalan lingkungan yang rata-rata dibawah 2 meter, sedangkan jalan lingkungan bisa direalisasikan pada program samisade dengan kriteria lebar 2 meter.

“Kriteria samisade kan untuk infrastruktur seperti, jalan desa, drainase, dan TPT. Nah, untuk desaa kami dengan nominal yang sudah kita kalkulasikan hanya Rp 200 juta, sedangkan Samisade harus 1 Miliar, dan itu tidak ada di desa kami,” ujarnya.

Pada jalan desa, kata Nurdin, Desa Cibanon sudah tercover pada realisasi anggaran Dana Desa (DD) sebelumnya. Dari data yang ada di Desa Cibanon, hanya memilik jalan desa sepanjang 1,5 kilo meter. Sedangkan mayoritas pembangunan di desanya, hanya pada pembangunan jalan lingkungan.

“Samisade tidak masuk pada pembangunan Jalan Lingkungan (Jaling). maka dari itu, dari sebelumnya di cek pihak kecamatan semuanya tidak masuk kriteria,” jelasnya.

Rencana kedepan, lanjut Nurdin, realiasi pembangunan jaling di desanya akan dilamjutkan kembali dengan menggunakan anggaran Dana Desa. Namun hal itu, diakui pihaknya kembali melihat situasi yang ada.

“Nanti kita lihat sikonnya pak, melalui Musrenbang dan anggaran DD yang turun. Semoga jaling di desa kami yang masih diprioritaskan bisa kembali direaliasi,” tutupnya.

 

 

 

 

 

(cek/bing)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.