Demo Buruh di Cibinong Kembali Terjadi, Ini 4 Tuntutannya

0
41

Cibinong, BogorUpdate.com
Aksi demo buruh kembali terjadi di depan komplek Pemda Kabupaten Bogor, pada Jumat (16/10/20) siang. Meskipun keinginan sudah dikabulkan Bupati Bogor, Ade Yasin yang bersurat ke Presiden Joko Widodo dengan mengusulkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) atas UU Cipta Kerja.

Menurut juru bicara antar serikat buruh Kabupaten Bogor, Sukmayana mengatakan, dalam aksi yang dilakukakannya itu ada sebanyak kurang lebih 20.000 buru dari 21 serikat pekerja di Bumi Tegar Beriman.

“Kami optimalkan penyampaian aspirasi itu menjadi sebuah perjuangan, kami tidak mematahkan semangat kawan-kawan di bawah,” ujar Sukmayana kepada wartawan.

Ia menjelaskan, UU Cipta Kerja yang telah disahkan oleh DPR RI beberapa waktu lalu itu dinilai merampas hak hidup seluruh rakyat Indonesia dan justru lebih banyak menguntungkan penguasa dan oligarki.

Menurutnya, dalam aksi kali kni ada tuntutan yang bakal disuarakan dalam demo tersebut.

Pertama mendesak presiden untuk mengeluarkan Perppu demi mencabut UU Cipta Kerja yang telah disahkan pada Senin 05 Oktober 2020.

Kedua, mengecam tindakan pemerintah yang berusaha mengintervensi gerakan dan suara rakyat atas penolakan terhadap RUU Ciptaker.

“Ketiga, kami mengecam tindakan berbagai tindakan represif aparatur negara terhadap seluruh massa aksi yang terjadi di diberbagai daerah,” tegasnya.

Sementara, dalam aksi demo ini ratusan polisi pun dikerahkan untuk mengawal demo tersebut.

“Ada sebanyak 500 personel Polres Bogor untuk mengawal demo buruh hari ini,” ujar AKBP Roland Ronaldy.

Lebih lanjut ia memaparkan, pihaknya juga dalam PAM aksi demo buruh itu dibantu oleh TNI dari Kodim 0621/Kabupaten Bogor beserta satuan polisi pamong praja (Satpol PP) untuk mengawal demo tolak RUU Cipta Kerja.

 

 

 

 

 

(Rul/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here