Data Anggota Poktan Guyub Tani Diduga Fiktif, Petani Ngeluh Gak Dapet Bantuan Pemerintah

0
96

Jonggol, BogorUpdate.com
Beberapa anggota Kelompok Tani (Poktan) Guyub Tani, Petani di Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, tidak menerima bantuan dari Pemerintah. Hal itu terjadi lantaran data yang digunakan oleh ketua kelompok tani itu diduga di fiktifkan.

Menurut salah satu narasumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Dalam kelompok persatuan petani itu berjumlah 43 anggota yang tergabung. Namun, diduga ada data fiktif dari anggota tersebut, sehingga tidak mendapatkan bantuan subsidi pupuk ataupun bibit dari Pemerintah.

“Selain itu juga dalam Poktan Guyub Tani ini banyak nama-nama anggota yang tidak memiliki sawah bahkan bukan petani,” ungkapnya kepada BogorUpdate.com, Rabu (26/05/21).

Dalam Poktan ini, lanjutnya, Hampir 50 persen dari 43 data anggota yang ada di Poktan Guyub Tani ini diduga fiktif. “Kurang lebih ada 21 nama anggota ini bukan seorang tani,” lanjutannya sembari menunjukan data yang ia punya.

Tak berhenti disitu, ternyata Poktan ini juga sudah mencoba mengajukan permohonan bantuan handtraktor kepada Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) pada tahun 2019 lalu. “Hingga saat ini, kita gak tahu bantuan itu udah turun apa belum, karena kami sama sekali belum melihat adanya handtraktor tersebut,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

(Jis/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here