Covid-19 di Klaster Ponpes Terus Bertambah, Yang Terpapar Jadi 56 Orang

  • Bagikan

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Kasus positif Covid-19 dari klaster pondok pesantren (ponpes) di kawasan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, kembali bertambah dari sebelumnya 26 menjadi 56 orang.

Saat ini, sebanyak 37 orang yang terdiri dari 28 santri dan sembilan guru diisolasi ke Pusat Isolasi BPKP Ciawi. Sedangkan 19 santri diisolasi di rumah masing-masing.

Humas Satgas Covid-19 Kota Bogor, Rahmat Hidayat mengatakan, dari total 56 kasus positif, 18 orang diantaranya merupakan warga Kota Bogor. Sedangkan sisanya berasal dari luar daerah.

“Total orang yang ada di pesantren itu ada 255, 56 positif, 142 orang negatif. Sementara sisanya masih dilakukan swab PCR,” ungkap Rahmat, Senin (13/09/21).

Rahmat menyatakan bahwa hingga kini tak ada santri maupun guru yang diisolasi di pondok pesantren tersebut. “Nggak ada yang isolasi disana (ponpes),” imbuhnya.

Menurut dia, klaster tersebut pertama kali diketahui pada 7 September, ketika itu pihaknya mendapat informasi ada dua orang santri yang positif. “Kemudian kami lakukan swab, hasilnya ada 56 kasus. Jadi indikasi awal penularannya dari situ,” katanya.

Lebih lanjut, kata Rahmat, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti kecamatan, Dinsos, Dishub, Satpol PP, dan OPD lain untuk menangani permasalahan tersebut sesuai dengan SOP. “Kurang lebih penanganannya akan sama dengan saat peristiwa di Harjasari,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Endah Purwanti meminta semua pihak untuk tetap siaga dan waspada. Sebab, adanya temuan klaster tersebut menandakan bahwa corona masih ada.

“Pemerintah juga mesti memastikan bila semua ponpes sudah memiliki Satgas Covid-19,” katanya.

Iapun mengapresiasi Satgas Covid-19 Kota Bogor dan pihak ponpes yang bergerak cepat dalam menangani kasus tersebut.

Penulis: AsEditor: Bing
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.