Bupati Ade Yasin: Saya dan Rakyat Saya Sama-sama Merugi Karena Corona

0
92

Pemerintahan, BogorUpdate.com
Bupati Bogor, Ade Yasin akhirnya terbuka mengungkap dampak penyebaran Virus Covid-19 yang belakangan merenggut jutaan nyawa. Politisi PPP itu menyebut, wabah Covid-19 tidak hanya menghancurkan ekonomi rakyat namun juga telah merenggut pundi-pundi penghasilannya sebagai pejabat daerah.

“Kalau mau tahu pengahasilan saya juga berkurang 50 persen dan itu harus saya terima, saya dan rakyat saya sama-sama merugi karena wabah ini,” ujar Ade Yasin dalam perbincangan dengan wartawan, Sabtu (6/6/20).

Bupati mengatakan, dalam kondisi apapun seluruh jajaran pemerintah daerah Bogor, dirinya sebagai pucuk pimpinan termasuk rakyat harus siap. Apalagi dia memastikan, wabah virus Covid-19 benar-benar sebuah musibah yang harus ditangani meski harus berdarah-darah. “Kita harus siapkan diri lahir dan batin untuk bisa terus survive sampai semua kembali ke keadaan normal, inshaallah,” katanya

Terkait APBD Kabupaten Bogor, dia mengatakan sampai saat ini posisi anggaran masih aman sampai akhir tahun. Kondisi itu bisa terjadi kalau dalam satu dua bulan kedepan virus Covid-19 sudah landai atau terjadi penurunan pada curva penyebaran.

Namun kalau terjadi lagi lonjakan penyebaran, kata Bupati, maka akan semakin besar biaya APBD yang harus di keluarkan. “Saat ini dari Rp 7 triliun APBD yang mestinya di posting untuk kebutuhan selama setahun harus direlakan 50 persen untuk dipotong. Karena seluruh anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah tidak ada lagi,” jelasnya.

Sementara APBD yang tersisa 50 persen, menurutnya harus dipangkas lagi 35 persen untuk penanganan Covid-19 (refocusing).

“Saya dengan segenap kemampuan saya telah berusaha untuk berhemat sebisa mungkin agar anggaran yang ada ini bisa sampai akhir tahun,” lirih Bupati.

Karena itu dia meminta agar seluruh lapisan masyarakat bisa bersama-sama untuk menahan diri dan mematuhi semua protokol kesehatan. Apalagi saat berada di luar rumah.

Sebab saat ini tanggung jawab untuk menekan penyebaran Virus Covid-19, tidak bisa lagi di bebankan hanya kepada pemerintah. “Seluruhnya kita punya tanggung jawab, entah dengan cara apa yang penting kita sama-sama untuk menekan virus Covid-19,” pungkasnya. (Red)

 

 

 

Editor : Endi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here