BUMDes Karanggan Suguhkan Rumput Australi

0
82

BOGORUPDATE.COM – Memanfaatkan lahan hijau bisa menjadi peluang usaha untuk menunjang perekonomian masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Karanggan, Kecamatan Gunung Putri yang memiliki Bididaya Rumput Australi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ketua Unit Usaha BUMDes Karanggan Bersatu Desa Karanggan, Ade Jumanta mengatakan mulai dari Enam bulan ini, pihaknya sudah melakukan budidaya rumput taman jenis Australi bertempat di lahan seluas 1 Hektare di Kampung Legok Careuh RT 02 RW 08 Desa Karanggan.

“Untuk kerja sama dalam penjualannya, selama ini masih lebih banyak didistribusikan kepada peternak kuda di Desa Karanggan,” tutur Ade kepada bogorupdate.com, Selasa (14/01/20).

Ke depannya, kata Ade, budidaya rumput australi yang diwadahi dalam bentuk BUMDes Karanggan Bersatu. Nantinya, salah satu unit usaha yang dibentuk akan bergerak di perawatan dan pengadaan taman serta tanaman hias.

Gagasan ini muncul seiring meningkatnya kegemaran masyarakat pada budidaya rumput tersebut . Sehingga, peluang pasar cukup besar pula. Rata-rata saat ini para pengusaha ternak kuda membutuhkan rumput ini.

“Untuk sementara hasil rumput Australi yang sudah berjalan produksi dipatok dengan harga Rp 1 ribu per kilonya. Dan target kedepannya, kami akan maksimalkan pemasaran hingga Wilayah Bogor dan sekitarnya. Karena kebutuhan produksi pada peternak kuda rata-rata membutuhkan 350 kilo per harinya,” terang Ade.

Dengan asumsi tersebut, maka setiap panen warga akan memperoleh keuntungan yang cukup besar. Padahal, masa tanam rumput taman juga relatif lebih cepat dibanding komoditas tanaman lain. Dari mulai proses tanam, butuh waktu hanya 1,5 bulan sampai 2 bulan untuk dipanen.

Kepala Desa Karanggan, Adang menyebut, potensi budidaya rumput australi di lahan seluas 1 Hektare milik Bumdes ini akan terus dikembangkan. Harapannya, potensi yang ada bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Karanggan Kecamatan Gunung Putri.

“Yang juga dibutuhkan saat ini, adanya keterlibatan anggota BUMDes dan masyarakat untuk selalu berperan aktif mendorong kegiatan budidaya rumput Australi ini. Mulai dari proses produksi sampai distribusi agar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa,” pungkasnya.(Asep Bucek)

 

 

 

 

 

Editor : Endi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here