BIN-Pemkab Gelar Rapid Tes di Pasar Ciawi Bogor

0
9

Ciawi, BogorUpdate.com
Bandan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar rapid test di Pasar Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (4/7/2020). Sebelumnya, BIN melakukan rapid test serupa di Pasar Cibinong Kabupaten Bogor belum lama ini.

Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BIN Brigadir Jenderal TNI Irwan Maulana mengatakan, rapid test ini merupakan instruksi langsung dari Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. “Kita melakukan rapid test ini atas perintah langsung dari pimpinan kita, BIN harus membantu mendeteksi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita juga lakukan rapid test pasar Ciawi juga karena permintaan dari Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor. Sebelumnya kita juga pernah lakukan rapid test di pasar cibinong,” kata Irwan.

Ia juga menambahkan, dengan terus dilakukan rapid test massal seperti ini bisa mengetahui klaster-klaster baru penyebaran Covid-19. “Kita pasti sudah mengetahui kalau pasar tradisional seperti pasar ciawi ini merupakan tempat berkerumunnya orang untuk melakukan jual beli. Ini menjadi fokus kita,” tambahnya.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan bahwa BIN telah menyiapkan 700 rapid test. “Hari ini kita targetkan 700 orang untuk rapid test. Tidak hanya untuk para penjual dan pembeli di pasar ciawi, tapi para supir angkot dan warga sekita kitabarahkan untuk rapid test. Kalau ditemui hasil positif rekatif, BIN juga sudah mengiapkan dua unit mobil Laboratorium PCR untuk swab test serta dua unit mobil ambulan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, jika ada yang positif akan dirujuk ke rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri,” pungkasnya. (La)

 

 

 

 

Editor : Refer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here