Berkat Samisade, Kini Masyarakat Desa Purasari Leuwiliang Miliki Jalan Mulus

0
76

Leuwiliang, BogorUpdate.com
Penantian panjang warga Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor memiliki jalan mulus akhirnya terjawab sudah. Pemerintah Desa (Pemdes) Purasari membangun atau mengecor jalan dengan betonisasi sepanjang 2000 meter secara bertahap. Pembangunan betonisasi tersebut digelontorkan oleh Pemkab Bogor melalui program Samisade (Satu Miliar Satu Desa) guna mendongkrak perekonomian warga disetiap desa.

Kepala Desa Purasari Agus Soleh Lukman mengatakan, pembangunan jalan desa yang dilakukan saat ini sepanjang 2000 meter dengan lebar 2,5 meter dengan menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bogor melalui program Bupati yakni Samisade. Pembangunan nya bertahap tidak sekaligus satu miliar.

“Ada tahap pertama dan tahap kedua pencairan nya, untuk tahap pertama kami lakukan pembangunan jalan betonisasi sepanjang 800 meter dengan lebar 2,5 meter mencakup 10 RT, dengan titik awal di Kampung Ciaul, RT 05 RW 05, dengan memberdayakan masyarakat setempat,” ujarnya kepada wartawan senin (28/6/21).

Lanjut Agus Soleh menambahkan, pembangunan sudah dilakukan sejak sabtu kemarin. “Nantinya masyarakat di dua kampung ini akan menikmati infrastruktur jalan yang sudah bagus. Sebab, ini merupakan jalan utama masyarakat di dua RW,” katanya.

Menurut nya, pembangunan jalan ini bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berbasis pemberdayaan masyarakat pengerjaan nya.“Infrastruktur jalan ini bagian dari pelayanan desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu lanjut Agus, dalam pembangunan infrastruktur jalan pemerintah desa, pihaknya melibatkan sejumlah tokoh masyarakat serta perangkat dan aparatur desa.

Masyarakat, tokoh pemuda, baik RT, RW, BPD kami libatkan. Tidak ada yang kami tutupi dalam membangun jalan. Karna kami berharap dengan pembangunan betonisasi jalan dengan anggaran Samisade ini isemua pihak bisa bersama-sama mengawasi.

“Sebab, jalan tersebut bisa bermanfaat dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Maka dari itu, pi-haknya melibatkan semua Masyarakat Desa Purasari yang merupakan mayoritas petani hortikultura dan padi, dan secara langsung dapat merasakan program Samisade dari Bupati Bogor,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

(Agus/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here