Bawa Ide Optimalisasi Potensi Laut Natuna, Mahasiswa IPB Ini Diganjar Juara Esai Nasional

0
20

Pendidikan, BogorUpdate.com
Mahasiswa IPB University, Mega Ainun, berhasil meraih Juara III esai nasional Festival Pendidikan Mekanik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret.

Pada lomba ini, Mega mengangkat judul “Kripsea: Upaya Pengoptimalan Potensi Laut melalui Anggur Laut Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Pulau Bunguran, Natuna”. Esai ini berisi tentang cara membuat produk oleh-oleh bernama Kripsea, produk kerupuk yang terbuat dari bahan dasar anggur laut (Caulerpa sp.).

“Proses pembuatan Kripsea yang terbilang cukup mudah, diharapkan dapat segera diaplikasikan oleh masyarakat di sekitar pulau. Masih banyak warga sekitar pulau yang masuk dalam kategori kurang mampu,” ujarnya.

Menurut salah satu penerima manfaat dari Pondok Inspirasi (Pondasi) Bogor ini, Indonesia merupakan salah satu bagian dari segitiga dunia. Kondisi ini membuat Indonesia memiliki potensi sumberdaya rumput laut yang melimpah. Setidaknya ada lebih dari 550 jenis rumput laut potensial yang ada di perairan Indonesia. Namun hanya lima di antaranya yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan baru yang dibudidayakan secara massal.

Dari literatur, anggur laut telah lama digunakan sebagai makanan oleh masyarakat di Pulau Bunguran, namun potensi pengembangan serta budidaya di wilayah tersebut belum dilakukan. Masyarakat cenderung masih mengeksploitasi secara langsung di perairan.

“Menurut saya, perlu upaya pengoptimalan anggur laut menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi agar dapat meningkatkan nilai jual anggur laut tersebut,” tambah Mega.

Putri petani asal Jember, Jawa Timur sedang menjalani studi di Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB University. Selama menjadi anggota Pondasi, Mega pendukung untuk selalu produktif dan menjadi pembelajar. “Jangan takut salah, jangan takut kalah. Intinya produktif dan berproses,” tutup Mega. (ipb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here