Bagikan 1.000 Sertifikat PTSL, Menteri Hadi Tjahjanto Minta Pemkab Bogor Pertahankan LP2B Desa Gunung Bunder 2

, membagikan 1.000 sertifikat di . (BU)

Pamijahan, BogorUpdate.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar mempertahankan Tata Ruang , Kecamatan Pamijahan agar tetap menjadi Lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B).

Hal itu diungkapkan mantan Panglima TNI tersebut saat membagikan 1.000 sertifikat tanah dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di 4 Desa yang berada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, pada Senin (12/2/24).

“Kita minta kepada Pemkab Bogor agar tata ruang nya tetap pertanian. Karena ini kalau dipertahankan disamping menghasilkan padi, juga untuk obyek wisata sangat bagus,” katanya kepada Wartawan.

Hadi juga menuturkan alasan agar dipertahankan menjadi LP2B karena sebagian besar lahan milik warga di Desa Gunung Bunder tersebut adalah persawahan.

“Sertifikat program PTSL ini dibagikan di Gunung Bunder ini itu semuanya kebanyakan sawah, kita mohon untuk tetap dipertahankan untuk sawah. Karena juga nantinya untuk wilayah pariwisata ini sangat baik sekali,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala , menuturkan akan memberikan rekomendasi kepada Pemkab Bogor, agar mempertahankan Tata Ruang Desa Gunung Bunder 2 ini sebagai LP2B.

“Kami itu kan di bidang teknis pertanahannya, nah untuk Tata Ruang itu kan adanya di Pemkab Bogor. Tapi nanti kita akan memberikan rekomendasi agar dipertahankan lahan sawahnya. Kalau diliat sekaran ini hampir sebagian besar lahan milik warga adalah sawah,” tutur Yuliana.

Sebelumnya diberitakan, Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto didampingi Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor 1, Yuliana membagikan 1.000 sertifikat tanah kepada masyarakat di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, pada Senin (12/2/24).

Sertifikat yang berasal dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dibagikan untuk empat desa antara lain Desa Gunung Bunder 2, Desa Gunung Sari, Desa Ciasihan, dan Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan.

Sertifikat diserahkan secara langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN di dua lokasi. Di lokasi pertama tepatnya di Desa Gunung Sari, sebanyak 500 sertipikat diserahkan kepada masyarakat dengan diwakili 10 orang perwakilan penerima.

Sementara itu, di Desa Gunung Bunder 2 yang menjadi lokasi kedua penyerahan, 500 sertipikat diserahkan kepada masyarakat dan sertipikat diserahkan kepada 10 orang perwakilan dan 5 sertipikat dibagikan secara door to door.

“Dengan diserahkannya sertipikat tanah kepada masyarakat, maka saat ini masyarakat telah memiliki kepastian hukum hak atas tanahnya,” kata Hadi Tjahjanto kepada wartawan.

Mantan Panglima TNI itu menuturkan, untuk target sertifikat di Kabupaten Bogor sendiri sebanyak 1,4 Juta. Namun saat ini baru selesai sekitar 73 persen.

“Kalau kita melihat bahwa jumlah yang harus kita selesaikan di Kabupaten Bogor ini ada kurang lebih 1,4 juta. Sudah selesai 1 juta jadi sekitar 73 persen,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *