Awas, Ke Kawasan Sentul Dihari Libur Bisa Kena Macet Berjam-jam

0
64

Babakan Madang, BogorUpdate.com
Dampak dari banyaknya desa wisata yang ada di kawasan Sentul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Jalan desa kerap macet hingga berjam-jam.

Seperti di Desa Karang Tengah Kecamamtan Babakan Madang, sepanjang jalan desa ini kerap macet hingga berjam-jam. Hal ini akibat banyaknya wisatawan yang didominasi dari luar bogor berkunjung ketempat wisata.

“Setiap hari libur pasti macet parah. Penyebabnya banyak mobil wisatawan yang melintas jalan desa yang kondisinya sempit,” kata Agus (40) wisatawan asal Bogor.

Agus menuturkan, pemicu macetnya jalan desa tersebut akibat banyaknya kendaraan roda empat maupun roda dua ketika hendak berpapasan, baik wisatawan yang hendak menuju lokasi maupun pulang dari lokasi tempat wisata.

“Setiap kesini di hari libur macetnya parah. Jalannya sempit ditambah banyak mobil ketika lalu lalang itu harus dibantu warga setempat untuk mengatur lalu lintas,” ujarnya.

Hal yang sama dialami Ray (35) pengunjung wisata asal Gunung Putri Bogor, Iapun terjebak macet ketika melintas di jalan desa tersebut.

“Untungnya ada warga setempat yang bantu ngatur kemacetan. Untuk pemotor dialihkan ke jalan tikus perkampungan meski kondisinya parah,” ucap ray.

Camat Babakan Madang setelah dikonfirmasi melalui pesan WatshAppnya menjelaskan jika kemacetan yang terjadi di semua objek wisata yang ada di kecamatan Babakan Madang disebabkaan kapasitas akses jalan dengan jumlah kendaraan tidak sepadan.

“Terjadi macet karena akses jalan dengan volume kendaraan tidak seimbang,” jelas Cecep Imam Nagarasyid, Selasa (01/06/21).

Dijelaskan Cecep, jika penerapan PPKM Mikro diharapkan setiap pengelola tempat rekreasi resto dan hotel mall diharuskan membuat Tim penanangan covid dan di SK kan (internal satgas vovid-19) di masing-masing objek dengan menerapkan prokes sesuai ketentuan.

“Saya sudah mengundang pengelola di kantor kecamatan dan membuat pernyataaan diatas materai, selain itu satgas covid di tingkat RT, RW serta Desa dihimbau ikut serta mengawasi penerapan prokes,” terangnya.

Selain itu tim gabungan satgas covid-19 kecamatan Babakan Madang dari Satpol-PP kabupaten terakhir Sabtu dan Minggu kemarin, sudaah melakukan pemantauan dalam menyikapi pasca idul fitri dan selama pemantauan kondisi landai aman terkendali.

“Terkait kemacetan di daerah obyek wisata Desa Karang Tengah, nanti akan saya tanyakan kepada petugas yang piket hari,” tutupnya.

Untuk diketahui, macetnya jalann Desa Karang Tengah tersebut semenjak banyaknya wisata yang ada di desa setempat seperti Wisata air Leuwikunten, wisata Curug Leuwi Asih, wisata Kuliner Pendopo, hinggaa wisata air terjun Leuwi Hejo.

 

 

 

 

 

(Asep Bck/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here