Adi Firmansyah Ajak Netizen Terapkan Nilai-Nilai Pancasila di Ruang Digital

  • Bagikan

Adi Firmansyah, Peneliti muda IPB University

Lifestyle, BogorUpdate.com
Peneliti muda IPB University, Adi Firmansyah menyampaikan bahwa indikator penting dari kecakapan budaya digital adalah setiap individu perlu menyadari ketika memasuki era digital. Menurutnya, setiap individu bertanggung jawab untuk melakukan seluruh aktivitas bermedia digital berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Masyarakat harus sadar dan mengupayakan untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam berinteraksi secara digital,” ujar Adi Firmansyah, peneliti IPB University dari Pusat Kajian Resolusi Konflik (Care).

Dalam praktiknya, kata Adi, nilai-nilai Pancasila tersebut dapat diaktualisasikan di ruang digital. Aktualisasi yang dimaksud berupa saling menghormati perbedaan kepercayaan di ruang digital, memperlakukan orang lain dengan adil dan manusiawi, mengutamakan kepentingan Indonesia di atas kepentingan pribadi atau golongan, memberikan kesempatan setiap orang untuk berekspresi dan berpendapat serta bersama-sama membangun ruang digital yang aman dan etis bagi setiap pengguna.

Mahasiswa IPB University program Doktor Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan itu menyampaikan bahwa budaya digital ini merupakan prasyarat dalam melakukan transformasi digital.

“Untuk itu, kita perlu mengubah pola pikir (mindset) agar dapat beradaptasi dengan perkembangan digital. Adaptasi terhadap perkembangan digital sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Adi Firmansyah dalam Program Nasional Literasi Digital Indonesia Makin Cakap Digital.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.