Ade Yasin Tekankan Prokes Covid-19 dan Antisipasi Cuaca Ekstrim di Pilkades Serentak

0
77

Cibinong, BogorUpdate.com
Bupati Bogor Ade Yasin menghadiri Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah dalam Rangka Persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2020 melalui aplikasi zoom meeting di ruang VIP A Gedung Tegar Beriman Cibinong Bogor, Kamis (10/12/2020).

Rakor tersebut bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemantauan atas kesiapan pemerintah daerah menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di tingkat pemerintah kabupaten selain itu untuk memastikan adanya penguatan peran panitia kabupaten dengan melibatkan unsur Forkopimda dan Satgas Penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah, khususnya bupati/walikota, untuk menyiapkan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2020. “Tolong rekan-rekan Kepala Daerah tingkat II, yang sesuai UU menjadi titik sentral untuk pelaksana Pilkades ini benar-benar mempersiapkan semua langkah-langkah, baik pada tahapan perencanaan, penyiapan, materi, anggaran, regulasi, dan lain-lain,” kata Tito.

Mendagri menjelaskan, peran kepala daerah menjadi sangat sentral dalam pelaksaan Pilkades. Karena jika pada Pilkada ada lembaga penyelenggara pemilu seperti KPU/Bawaslu, maka Pilkades akan lebih mengutamakan peranan Bupati dalam mengarahkan panitia Pilkades.

Dalam kesempatan terpisah Ade Yasin menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkades di Wilayah Kabupaten Bogor akan dilaksanakan tanggal 20 Desember 2020 bulan ini diikuti 740 ribu hak pilih dari 88 Desa yang melaksanakan Pemilihan tersebar di 34 Kecamatan Se-Kabupaten Bogor. Pemerintah Kabupaten Bogor telah menganggarkannya dalam APBD sebesar 15 milyar. Ade Yasin berharap dengan anggaran besar ini pelaksanaan pemilihan Kepala Desa berjalan dengan lancar dan sukses.

Terakhir, Bupati Bogor menyampaikan kesiapannya dalam pelaksanaan Pilkades dengan berkoordinasi aktif dengan Forkopimda dan telah meminta pada Panitia Pilkades untuk menjalankan tugasnya secara profesional, tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan antisipasi cuaca ekstrim di musim penghujan ini.

“Panitia Pilkades harus memperhatikan Prokes Covid-19 serta dapat mengantisipasi cuaca ekstrim,” pungkasnya. (bu/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here