3513 Mahasiswa IPB University Bakal Diturunkan ke Seluruh Indonesia Ikuti KKNT 2021

Pendidikan, BogorUpdate.com
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menggelar Kuliah Pembekalan Umum Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) IPB University 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (21/5/21) ini diikuti oleh kelompok mahasiswa dan dosen yang akan melaksanakan KKNT IPB University 2021 .

Rektor IPB University, Prof Arif Satria dalam peralatannya berpesan agar momentum KKNT ini menjadi suatu arena pembelajaran. Sekarang eranya pembelajaran dengan pola-pola induktif.

“Pelajaran-pelajaran di lapangan merupakan pelajaran berharga. Jadikan berbagai hal yang ditemukan di lapangan adalah sekolah dan guru kita. Jadikan alam dan lingkungan sebagai sekolah sementara masyarakat, petani, pemuda, peternak adalah guru kita. Selain itu modal yang penting menjadi mahasiswa berjiwa yang rendah hati. Ilmu kita bukan segala-galanya, masyarakat yang memiliki pengetahuan luar biasa, kearifan lokal yang luar biasa. Sehingga humble merupakan modal penting pembelajar,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan KKNT ini diharapkan kehadiran IPB University semakin dirasakan oleh masyarakat. “Keberadaan mahasiswa di lokasi KKNT diharapkan tidak hanya sekedar untuk transfer teknologi, tetapi ada yang mengambil dan memberi kesan masyarakat dan mahasiswa IPB Universitas sebagai kesan yang terkesan. Saya berharap mahasiswa dapat memberi semangat baru dan menginspirasi. Bangkitkan semangat pelajar di desa untuk membangun daerahnya. Semangat agar anak-anak desa punya cita-cita juga punya kemauan. Saya berharap mahasiswa dapat berkontribusi dalam menyebarkan inspirasi, menebar optimisme. Sehingga anak desa punya mimpi besar dalam hidupnya,” imbuhnya.

Ia juga berharap mahasiswa tidak hanya memiliki motivasi pengembangan nilai akademik, tetapi motivasi diri, meningkatkan kemampuan, menyelesaikan konflik, dan dapat menginspirasi banyak orang.

“Semua ini demi perubahan minset yang semakin kuat, menjadi sosok berkarakter hard skill dan softskill yang menyatu. Selalu Jaga Prestasi, Tinggalkan Warisan, Tinggalkan kenangan indah, Jaga NAFAAT LAMPIRAN NAFSU INDONESIA,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Dr Ernan Rustiandi, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada MAsyarakat (LPPM) IPB University menyampaikan bahwa kegiatan KKNT 2021 diupayakan terintegrasi dengan program kegiatan pengabdian masyarakat lainnya. Tujuannya agar lebih terkoneksi dengan program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Demikian pula dengan penentuan lokasi-lokasi strategis. Kehadiran mahasiswa KKNT terkoneksi dengan program-program kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga program akan terus berkelanjutan dan dapat berdampak terhadap kinerja pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Wakil Kepala LPPM bidang Pengabdian Kepada Masyarakat IPB University, Dr Sofyan Sjaf menyampaikan KKNT rencananya akan diikuti oleh 3513 mahasiswa di 153 kabupaten / kota. Ada 129 kelompok yang ditempatkan di Bogor, 288 kelompok di lokasi lain.

“Peta sebaran wilayahnya adalah Jawa ada di 86 kota / kabupaten, Sumatera ada di 42 kota / kabupaten, Malaysia ada di 8 kota / kabupaten, Kalimantan ada di 6 kota / kabupaten, Sulawesi ada di 4 kota / kabupaten, Bali / Makuku / Nusa Tenggara / Papua ada di 7 kota / kabupaten,” jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

(ipb/rie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *