20 Peneliti IPB University Dapat Pendanaan RKI dengan 16 PTN-BH

, BogorUpdate.com – Sebanyak 20 mendapat pendanaan pada program () yang diselenggarakan oleh kolaborasi 16 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

, Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bidang Penelitian menyampaikan selamat bagi seluruh peneliti yang lolos pendanaan pada tahun 2022. Ia menjelaskan, program tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Mulai tahun ini, dua program penelitian kolaborasi yaitu Program Penelitian Kolaborasi Indonesia (PPKI) dan RKI melebur menjadi satu program besar dalam tajuk ,” ucapnya.

Ia juga menerangkan, kampus yang berkolaborasi dalam program ini juga semakin luas dengan kehadiran empat perguruan tinggi baru yang kini sudah berstatus PTN-BH. Di antaranya yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang.

“Sehingga dengan semakin banyaknya kampus yang berkolaborasi, dapat menciptakan atmosfer penelitian yang berdaya saing secara nasional dan internasional,” tuturnya.

Tahun ini, lanjutnya, Program RKI menawarkan tiga skema yang dapat peneliti pilih. Skema A, kolaborasi dengan 16 PTB-BH dengan minimal dua mitra. Skema B, kolaborasi dengan PTN-BH dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dan skema C, kolaborasi dengan 16 PTN-BH dan Riset Luar Negeri.

Menurutnya, pendanaan program RKI berasal dari kampus masing-masing. Pada tahun ini, IPB University mendanai tiga peneliti sebagai peneliti utama pada program Riset Kolaborasi Indonesia Tahun 2022.

“Ada Prof Dodi Nandika (Skema A dengan pendanaan Rp100 juta), Prof Hadi Susilo Arifin (Skema A dengan pendanaan Rp100 juta) dan Dr Eng Obie Farobie, SSi, MSi (Skema C dengan pendanaan Rp150 juta),” jelasnya.

Sementara itu untuk 17 peneliti lainnya, Prof Sugeng mengatakan bahwa mereka menjadi mitra bagi kampus lain dengan pendanaan sebesar Rp50-75 juta.

“Dana yang telah dikucurkan oleh kampus, perlu menjadi kesadaran bagi peneliti untuk memberikan hasil terbaiknya. Maka pada program RKI tahun ini, menjadi harapan besar bagi IPB University untuk mencetak publikasi jurnal yakni pada level Q1,” ujar Prof Sugeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.