Type to search

Bogor Raya Home Kesehatan News Pemerintahan

Ade Yasin: Rapid Test Virus Corona Dilakukan Oleh Dinkes

Share

Cibinong, BogorUpdate.com
Bupati Bogor, Ade Yasin bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat membahas langkah-langkah strategis penanggulangan virus Corona (COVID-19) dan dampaknya terhadap masyarakat. Bertempat di ruang Media Center Kewaspadaan COVID-19 Kabupaten Bogor, Gedung Tegar Beriman, Senin (23/3/20).

Dalam rapat itu Ade Yasin meminta sekretaris Daerah (Sekda) selaku Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bogor untuk memastikan ketersediaan segala sesuatunya dalam penanganan Virus Corona.

“Saya meminta agar Sekda pastikan ruang isolasi, tenaga medis, ambulance, obat-obatan dan Alat Pelindung Diri (APD) tercukupi. Selain itu akan dilakukan pergeseran anggaran untuk menanggulangi virus COVID-19 sesuai INPRES No. 4 tahun 2020,” Terang Ade Yasin.

Selain itu, Ade Yasin pun berkoordinasi dengan Pihak Kepolisian dan juga TNI untuk memantau aktifitas warga dengan berpatroli untuk menekan kerumunan warga.

“Selain berkordinasi dengan pihak kepolisian, MUI juga akan ikut memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan keagamaan yang mengumpulkan banyak orang sementara waktu ini,” jelasnya.

Masih kata Ade Yasin, Untuk Rapid Test, akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, berlaku untuk warga Kabupaten Bogor dan diperuntukkan bagi mereka yang termasuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) melalui RS rujukan.

“Sementara untuk tes Orang Dalam Resiko (ODR) dan Lingkar Dalam Positif COVID-19 tes akan dilakukan secara door to door,” Lanjutnya.

Ade Yasin pun berpesan, kepada seluruh warga, agar semakin berdisiplin dalam melakukan Social Distancing (menjaga jarak), tidak keluar rumah jika tidak penting, menghindari keramaian, tidak melakukan kegiatan yang mengundang banyak orang dan rajin menjaga kebersihan badan dengan banyak mencuci tangan menggunakan sabun setiap selesai beraktifitas.

“Pemerintah Daerah hingga Pusat terus melakukan koordinasi terukur untuk menanggulangi wabah ini. Para petugas medis di Garda Terdepan juga masih berjibaku menangani pasien COVID-19 yang semakin hari semakin bertambah.
Ayo disiplinkan diri kita, demi mereka yang berada di garda paling depan melawan virus ini, demi keselamatan kita dan generasi setelahnya dan demi Indonesia,” Pungkasnya. (Wd)

 

 

 

 

 

Editor : Endi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d blogger menyukai ini: