Profil Brigjen Novi Helmy Prasetya, TNI “Sipenyelamat Bayi Terjebak Banjir”

BOGORUPDATE.COM – Novi Helmy Prasetya, S.I.P, kini telah resmi menyandang pangkat Bintang Satu di pundaknya. Pria kelahiran Bangkalan, Madura, Jawa Timur, 10 November 1971 (48 tahun) adalah seorang perwira tinggi TNI-AD.

Novi Helmy Prasetya, S.I.P. Kini di percaya menjabat Aspers Kaskogabwilhan III sejak 24 September 2019. Sebelumnya Novi Helmy Prasetya, S.I.P. Menjabat Komandan Korem 061/Surya Kencana.

Dihari-hari terakhir masa tugasnya menjabat sebagai Komandan Korem 061/Surya Kencana, kejadian musibah Banjir dan Longsor menimpa Kabupaten Bogor. Novi Helmy Prasetya, S.I.P pun dengan sigap menangani bencana dengan berkoordinasi dengan pihak terkait, Novi pun turun kelapangan membantu korban bencana.

Novi pun mendadak viral dan jadi perbincangan simpatik masyarakat, di tengah musibah banjir yang melanda dan merendam rumah warga di daerah Perumahan Villa Nusa Indah 1 dan Nusa Indah 2 Bojong Kulur, Gunung Putri. Novy dengan aksi heroik masuk kedalam rumah yang terendam banjir menolong seorang ibu dan membopong bayi mungil dan mengevakuasinya keluar rumah.

Bukan hanya itu saja aksi heroik nya. Prajurit yang merajut pertarungan dari Kopassus ini juga menggendong lelaki lanjut usia, dan mengevakuasinya ke daerah kering.

Sekedar diketahui, Novi Helmy ternyata juga sangat peduli terhadap alam dan kebencanaan. Seperti sudah suratan takdir, jika ia berdinas di Bogor. Sebab, daerah terbanyak dilanda bencana selama tahun 2019 adalah Kabupaten Bogor. Menurut data Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, selama 2019 terjadi 754 bencana.

Belum lama ini, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bersama Bupati Bogor Ade Yasin, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Harry Eko Sutrisno, Kapolres Bogor AKBP M. Joni, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, Per Lanud ATS dan Para Pimpinan OPD dan lainnya, menggelar pertemuan rapat Evaluasi Tanggap Darurat Bencana Alam di Pendopo Bupati Bogor.

Dalam rapat tersebut dihasilkan kesepakatan bahwa masa tanggap darurat bencana diperpanjang. Dengan poin penting yaitu pembenahan akses yang belum dibuka seperti di Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya.

Novi Helmy pernah menjadi Paspampres Presiden ketiga Indonesia mendiang Presiden Habibie dan Novi pun banyak belajar cara kepemimpinan dari mendiang Presiden Habibie terutama mengambil keputusan di masa sulit.

Selama berdinas di TNI Angkatan Darat sudah banyak penugasan operasi yang dilaksanakan. Antara lain penugasan dalam negeri melaksanakan operasi Timor Timur 1996, operasi Tribuana tahun 1999 kemudian penugasan luar negeri melaksanakan Pengamanan VVIP RI 1 di Rusia tahun 2013, Inggris 2004 dan Jerman 2015.

Novi, lulusan Akademi Militer 1993 ini berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus).

Riwayat Jabatan:

-Danton Yonif 125/SBS Kodam I/Bukit Barisan

-Danton Yonif 100/PS

-Danki Kopassus

-Kasi Intel Kopassus

-Kaur Latum Siops Kopassus

-Kasiops Grup A Paspampres

-Wadan Denpam Paspampres

-Pabandya Wanwil Kodam Iskandar Muda

-Pabandya Ops Kodam Iskandar Muda

-Kasiops Paspampres Grup A (2003)

-Wadanden Pengamanan Instalasi

-Danden Pengamanan Pribadi

-Danyonif 112/Dharma Jaya

-Dandim 0609/Kab. Bandung Barat (2012–2013)

-Wadan Grup B Paspampres (2013–2013)

-Dangrup D Paspampres (2013–2015)

-Aspers Kasdam XVIII/Kasuari (2018–2019)

-Danrem 061/Surya Kencana (2019)

-Aspers Kaskogabwilhan III (2019–)

Jabatan militer:

-Aspers Kogabwilhan III
24 September 2019

-Komandan Korem 061/Surya Kencana
26 Januari 2019-24 September 2019

-DanGrup D Paspampres
2013–2015. (Wido/Berbagai Sumber)

 

 

 

 

 

Editor : Endi 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *