Type to search

Bogor Raya Home Kuliner News

Ini Dia, Lima Kuliner Legendaris yang Viral di Surya Kencana

Share

BOGORUPDATE.COM – Bogor memiliki aneka kuliner legendaris yang terkenal lezat sampai viral di media sosial. Lokasinya berada di Jalan Surya Kencana Bogor dan berseberangan dengan pintu masuk Kebun Raya Bogor dan Bogor Trade Mall.
Para pedagang makanan atau minuman di sina biasanya berjualan dari pagi hingga sore hari.

Berikut Tagar rangkumkan lima kuliner legendaris yang ada di sepanjang Jalan Surya Kencana Kota Bogor.

1. Soto Kuning Pak Yusup

Gerai soto kuning Pak Yusup ini tepat di pinggir Jalan Surya Kencana. Rugi enak kompilasi yang ada di Bogor tidak disetujui soto kuning khas Bogor ini.

Di daerah itu memang banyak yang menjual soto kuning, tetapi tempat Pak Yusup ini sangat ramai pembeli. Dilihat dari namanya saja sudah dapat disimpulkan kuah yang digunakannya berwarna kuning.

Makanan ini terlihat memiliki ciri khas lantaran bahan pembuatan soto ini dibuat dari kunyit dan beragam rempah-rempah. Mampu, membuat rasa kuahnya sangat lezat dan mampu mencetarkan lidah penikmatnya.

Belum lagi dilengkapi dengan potongan daging, daging sapi, kentang perkedel, dan emping semakin menambah kesempurnaan makanan tersebut. Untuk harganya sendiri tergantung dari jumlah isian yang dipilih.

2. Cungkring Pak Jumat

Gerai Cungkring Pak Jumat ini selalu ramai oleh pembeli. Jajanan ini sudah populer sejak lama di Bogor. Media sosial, membuat makanan tersebut semakin dikenal banyak orang.

Cungkring merupakan kuliner khas Bogor Berupa olahan Potongan lutut ATAU kulit sapi Yang lezat. Proses pengolahan lutut atau kulit sapi atau kikil ini dilakukan dengan cara mencampurnya dengan kunyit dan beberapa bumbu, yang kemudian direbus.

Saat sudah matang, biasanya cungkring dijajakan bersama lontong dan keripik tempe , lalu disiram dengan bumbu kacang, serta sambal untuk penyuka rasa pedas. Biasanya, makanan ini dibuat sebagai sarapan pagi atau cemilan sore hari.

3. Martabak Encek

Makanan yang satu ini sebenarnya sama seperti martabak pada umumnya, hanya saja proses memasaknya tidak menggunakan kompor yang masih pakai arang kayu yang dibakar.

Pria ini sudah berjualan martabak di Jalan Surya Kencana sejak tahun 1970-an, namun hingga kini masih eksis lantaran viral di sosial media.

Gerai ini hanya menjual satu jenis martabak yaitu manis, tidak menjual martabak telur atau asin. Toping yang digunakan oleh Encek hanya cokelat meses, keju, kacang, dan susu. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp. 40.000 hingga Rp. 60.000 tergantung isian yang digunakan.

Jika datang ke Martabak Encek ini harus rela menunggu mengantre, karena makanan ini harus diburu warga hingga daerah Bogor.

4. Pepes Daniel

Pepes merupakan olahan makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang. Biasanya isian dari pepes Daniel menggunakan bahan dasar yang gurih seperti ikan , tahu, dan lain-lain.

Berbeda dengan pepes yang lain, makanan ini juga menyediakan olahan pepes dengan rasa asin dan manis.

Gerai kuliner ini menjual beberapa jenis pepes, seperti pepes sagu pisang , hingga varian rasa cokelat yang paling laris di sana.

Pepes Daniel ini sangat legendaris karena menggunakan resep keluarga sejak awal berjualan tahun 1948. Selain itu, gerai pepes ini hanya tersedia satu-satunya dengan olahan bahan dasar manis yang ada di Bogor.

5. Bir Kotjok Bogor

Bukan hanya makanan saja, di sepanjang Jalan Surya Kencana Bogor juga ada penjual minuman yaitu Bir Kotjok. Minuman legendaris ini bukan berasal dari bir, dibuat khusus dari rempah-rempah.

Bahan dasar yang digunakan adalah gula aren, jahe, dan kayu manis. Ada yang unik dari kuliner Bogor yang satu ini. Itu karena kompilasi membeli minuman tersebut dikocok terlebih dahulu dan mengeluarkan busa layak bir.

Minuman ini dapat disajikan dengan suasana hangat atau dingin dengan menggunakan es batu tergantung selera pembeli. Rasa yang akan ditimbulkan adalah manis, dan pastinya hangat di tenggorokan.

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Tagar.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: