Type to search

Bogor Raya Home News Pemerintahan Pendidikan

Sambangi Kota Bogor, 30 Mahasiswa Pascasarjana SGPP Belajar Kepemimpinan Bima Arya

Share

BOGORUPDATE.COM – Sebanyak 30 Mahasiswa Pascasarjana School of Government and Public Policy (SGPP) Indonesia berkunjung ke Balai Kota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda, Jumat (13/12/2109).

Kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari kebijakan pemerintah secara langsung dari Wali Kota Bogor, Bima Arya. Sebelum pemaparan, para mahasiswa disuguhkan berbagai video mengenai Kota Bogor.

Bima mengatakan, setiap Selasa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan briefing di Paseban Sri Bima. Briefing ini digelar setiap dua Minggu sekali, namun di akhir tahun bisa dilakukan setiap Minggu untuk memastikan serapan anggaran maksimal.

“Karena kita harus memastikan semua program berjalan sesuai janji saya ketika kampanye, yaitu uang rakyat harus kembali ke rakyat,” ujarnya.

Ia mengatakan, menjadi Wali Kota atau Kepala Daerah tugas terbesarnya membumikan gagasan. Selama enam tahun menjadi Wali Kota tantangannya, yakni memasukkan visi misi yang cemerlang menjadi RPJMD dan kemudian menjadi ribuan kegiatan di dinas.

“Sekarang saya paham apa yang menyebabkan daerah di Indonesia jadi lautan ruko, PKL, angkot, karena antara visi misi tidak nyambung saat kerja, alias hanya menggugurkan kewajiban saja,” imbuhnya.

Ia pun tidak segan mengungkapkan masih adanya kegagalan dari periode pertamanya, yakni di bidang transportasi karena program konversi angkot tidak berjalan.

Tak ayal, di periode kedua selain mewujudkan Kota Ramah Keluarga ia juga tetap fokus pada transportasi. Salah satunya di percepatan pembangunan Trem di Kota Bogor sebelum LRT masuk Kota Bogor dua tahun mendatang.

“Sebaliknya untuk Kota Ramah Keluarga tidak hanya soal infrastruktur tetapi juga edukasi, kesehatan, ekonomi, UMKM. Jadi bagaimana setiap kebijakan Pemkot semuanya harus mengacu pada layak anak dan ramah keluarga,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Chief Eksekutif Officer Oni Jamhari mengatakan, setiap tahun program Pascasarjana SGPP rutin melakukan kunjungan ke instansi pemerintah, instansi swasta ataupun lembaga internasional.

Kunjungan bertujuan agar para mahasiswa bisa belajar langsung tentang kepemimpinan dan kebijakan mengingat menjadi pemimpin itu tidak mudah.

“Harapan kami mudah-mudahan mahasiswa ini nantinya bisa punya persepsi yang baik tentang kebijakan pemerintah sesuai jurusannya,” harapnya. (Rie)

 

 

 

 

 

Editor : Endi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: