Type to search

Bogor Raya Home News Pendidikan

Himpunan Profesi “Hipotesa” Gembleng Mahasiswa Jadi Ekonom

Share

BOGORUPDATE.COM – IPB University memiliki beragam tempat bagi mahasiswanya untuk mengembangkan minat dan bakat. Himpunan profesi merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa IPB University untuk mengembangkan potensi sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Setiap departemen di IPB University umumnya mempunyai himpunan profesi, termasuk Departemen Ilmu Ekonomi.

Himpunan Profesi dan Peminat Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (Hipotesa) Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University menjadi tempat bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi untuk memperoleh wawasan lebih luas perihal keprofesian dan perekonomian.

“Himpunan profesi menjadi tempat yang tepat bagi mahasiswa yang ingin mengasah keilmuannya. Sebuah tempat yang pas bagi mahasiswa untuk mendapat berbagai pengetahuan lebih mendalam perihal keilmuan, yang dalam hal ini adalah ekonomi. Dalam Hipotesa, kita dapat belajar mengkaji suatu permasalahan ekonomi dan bagaimana melihat suatu hal dalam perspektif ekonomi. Sebagai calon ekonom, tentu ilmu-ilmu seperti itu amat diperlukan. Kami juga mewadahi berbagai minat mahasiswa, namun salah satu jantung dari Hipotesa sendiri terletak pada kajiannya,” ujar RM Daffa Muharram W selaku ketua Hipotesa FEM Periode 2018/2019.

Hipotesa IPB University memiliki satu divisi khusus yang bertugas melakukan kajian-kajian perihal fenomena ekonomi yang tengah hangat menjadi perbincangan di masyarakat. Kajian ini kemudian akan diterbitkan menjadi sebuah artikel. “Meskipun ada satu divisi khusus, tapi divisi ini juga melakukan kajian bersama dengan divisi lainnya juga. Jadi anggota Hipotesa dapat belajar bagaimana melakukan kajian,“ tutur Daffa.

Output kajian yang dilakukan Hipotesa tidak hanya berbentuk artikel. Hipotesa melakukan inovasi guna penyesuaian dengan perilaku milenial dan revolusi industri. Kajian dipublikasikan dalam bentuk artikel, podcast, dan video. Untuk artikel, selain tersedia di official page himpunan, telah diterbitkan juga di beberapa portal berita online.

“Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk memperluas jangkauan dan memperbanyak orang yang membaca, melihat, serta mendengar kajian yang telah dibuat oleh Hipotesa. Branding kajian yang dilakukan Hipotesa secara terus menerus bertujuan agar dapat memperlihatkan pada masyarakat bahwa IPB University mempunyai mahasiswa Ilmu Ekonomi yang kritis dan berdaya saing,” urai Daffa.

Selain alasan tersebut, Daffa menjelaskan bahwa perluasan ranah publikasi kajian yang dilakukan oleh Hipotesa bermaksud untuk mengajak masyarakat agar lebih membuka mata perihal berbagai fenomena perekonomian. “Sejatinya, ekonomi merupakan salah satu sektor penting yang menjadi dasar kehidupan manusia dan hampir setiap tindakan manusia berkaitan dengan ekonomi,” tambah Daffa. (KR/Zul)

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Humas IPB

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: