Type to search

Bogor Raya Home Hukum & Kriminal News

KNPI Pimpinan Hasyemi Bakal Demo Besar-besaran, Ada Apa Dengan Dispora?

Share

BOGORUPDATE.COM – Kisruh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor masih terus berlanjut. Dampak pernyataan resmi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor Bambang Setiawan membuat KNPI yang dipimpin Hasyemi Faqihudin akan berunjuk rasa besar-besaran.

Pasalnya, Hingga saat ini Dispora Kabupaten Bogor tengah menutup mata dalam kondisi carut marut di wadah kepemudaan tersebut.

Ketua Bidang Sosial Politik DPD KNPI Kabupaten Bogor Ibnu Sakti Mubarok Menyebut Dispora tidak dapat melepas tanggung jawab atas kondisi yang terjadi.

“Kepala dispora harus melek kronologis musda XIV KNPI yang pernah terjadi, pernyataan dia soal hanya mengakui mendapat restu dari jabar adalah upaya keberpihakan. Padahal jelas publik pemuda sudah mengetahui, Jabar saja tidak mau berpihak dari salah satu DPP KNPI, lantas pakai kemenkum HAM siapa? Lalu bicara hierarki. Ini kok sangat lucu ya”. Tegas Sakti yang juga Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional indonesia (GMNI), Rabu (27/11/2019).

Sebab menurutnya, keabsahan organisasi yang legal dan diakui negara itu harus memiliki lampiran keputusan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia dan terdaftar di Kementerian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora).

“Lalu seenaknya gitu mengeluarkan anggaran untuk beberapa kegiatan yang pernah di lakukan oleh KNPI versi sebelah? Atas dasar apa, hati-hati saja itu. Kemenpora saja tidak berani cairkan anggaran saat DPP KNPI dualisme bahkan hingga saat ini, Ini kok berani beraninya ya”,” Sindir Pemuda asal rumpin tersebut.

Sakti pun menjelaskan, KNPI Pimpinan Hasyemi Faqihudin melalui fatronisasi DPP KNPI sudah sangat jelas memiliki Keputusan Menteri Hukum Dan HAM Nomor AHU -0000021.AH.01.08.Tahun 2019.

“Ya kita sudah sah dan legal diakui negara dong, lantas apalagi? Silahkan saja publik menilai. Ini organisasi pemuda KNPI yang memiliki sejarah, bukan jadi ajang main-main dan seenaknya keluarkan anggaran,” Cetusnya.

Ia pun beserta jajaran pengurus DPD KNPI Kabupaten Bogor beserta Pimpinan OKP dan Pemuda Bogor akan menggelar aksi unjuk rasa.

“Hasil rapat melalui keputusan pimpinan kita akan menggelar aksi, tuntutan kita minta kadispora di pecat atau anggaran dana hibah harus dibekukan. Lebih baik berikan dana hibah itu langsung ke OKP atau memang pemuda akar rumput yang benar-benar butuh untuk pengembangan SDM tanpa harus melalui KNPI, karena sedang bermasalah. Dan selain itu juga tentu aksi kami akan mendorong juga perda kepemudaan untuk dibahas dalam paripurna DPRD dimana ini puncak dari hak-hak dan batasan usia pemuda,” tutupnya

Dalam pemberitaan sebelumnya, Kepala Dispora Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan, menegaskan jika pihaknya hanya mengakui satu kepengurusan KNPI, yakni yang diakui oleh kepengurusan DPD KNPI Provinsi Jawa Barat.

“Kalau Dispora hanya mengakui KNPI yang diakui Jawa Barat,” kata Bambang dikutif dari Radar Bogor, Kamis (10/10/2019).

Bambang bahkan dengan tegas tidak akan ikut campur dengan kisruh yang terjadi di wadah kepemudaan itu.

“Kita juga tidak akan melakukan mediasi, karena yang kita akui itu (mediasi) karena itu tadi, kita hanya mengakui kepengurusan yang diakui Jawa Barat,” imbuh Bambang.

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | HF

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: